Bulog Tak Kunjung Salurkan Raskin Priode Juni

Bulog Tak Kunjung Salurkan Raskin Priode Juni
illustrasi (int)

PEKANBARU (RA) - Ditengah meningkatnya kebutuhan beras bagi masyarakat menjelang bulan Ramadhan kali ini, justru Badan Urusan Logistik (bulog) Riau belum menyalurkan beras miskin (raskin) untuk alokasi mulai Juni untuk warga Pekanbaru.

Belum disalurkannya raskin untuk alokasi mulai Juni ini dikarenakan Bulog Riau belum menerima surat perintah alokasi (SPA) dari masing-masing kelurahan di Pekanbaru. Demikian dikatakan Wiwin, Pelaksana tugas (plt) Kasi penyaluran (Kasilur) Bulog Riau, Kamis (12/7).

Menurut Wiwin, pihak Bulog hanya sebagai penyalur sesuai dengan SPA, kalau tidak ada SPA mereka tidak bisa mengeluarkan raskin.

"Kita akui sejauh ini SPA penyaluran raskin untuk kota Pekanbaru buat alokasi Juni dan Juli belum ada kami terima dari Kelurahan," ujarnya.
     
Menurutnya, hal ini di karenakan adanya data raskin baru yang di terbitkan oleh  Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) akhir Mei kemaren.Dan data ini hingga kini belum juga bisa di terapkan di lapangan, pasalnya masih dalam tahap verifikasi.
     
"Untuk pagu raskin baru belum bisa di terapkan, karena penetapan Rumah Tangga Sasaran (RTS)  yang di ambil alih oleh  TNP2K masih  akan di verifikasi,"urainya.
     
Masih katanya,bulog kini sifatnya masih menunggu SPA dari Kelurahan, meski demikian terangnya lagi Bulog akan tetap menyalurkan raskin untuk alokasi Mei.Sehingga raskin Mei bisa tuntas seratus persen.
    
"untuk sementara kita akan tuntaskan alokasi Januari- Mei saja dulu,karena hingga kini masih ada kelurahan yang belum tuntas menyalurkan raskinnya.seperti Kelurahan  simpang Baru, Kelurahan Kota Baru,Kelurahan Kota Tinggi,Kelurahan Okura,"tandasnya.
     
Ia menambahkan belum tersalurkannya raskin bagi 4 Kelurahan ini bukan karena ada kendala akan tetapi karena kebiasaan pola yang di terapkan ke empat Kelurahan ini dalam menyalurkan raskin dua bulan sekali.

"Sehingga dengan adanya perubahan data raskin di pertengahan tahun dalam hal ini Juni, sedikit membuat Kelurahan ini belum menebus raskin Mei," pungkasnya. (RA5)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index