Guna Penanganan Cepat Saat Musibah Kebakaran

Damkar Diminta Sediakan Posko di Setiap Kecamatan

Damkar Diminta Sediakan Posko di Setiap Kecamatan
Kudus Kurniawan. FOTO: rrm

PEKANBARU, RiauAktual.com - Kasus kebakaran di Kota Pekanbaru terus saja terjadi, keluhan di lapangan tak jauh-jauh dari keterambatan pemadam kebakaran ke lapangan sehingga api sudah melalap bangunan, petugas Damkar baru tiba. Maka diharapkan tahun ini Damkar menyiapkan posko di setiap kecamatan di Kota Pekanbaru.

Anggota Komisi I DPRD Kota Pekanbaru Kudus Kurniawan, mengatakan bahwa alasan Damkar selama ini kekurangan personil dan anggaran, merupakan alasan klasik. Jika memang memerlukan penambahan personil dan anggaran, DPRD siap membantu dengan syarat diajukan oleh Damkar kebutuhannya untuk memaksimalkan pelayanan.

"Memang saya lihat Damkar kita masih kurang sigap, karena masih terfokus di daerah Rumbai dan Pekanbaru Kota saja markasnya. Kita harapkan agar bisa dibentuk setiap kecamatan seperti UPTD," tutur Kudus, Senin (27/11/2014).

Kudus juga meminta Damkar membuat skema kerja yang pasti terhadap penanganan kebakaran secara cepat, sehingga Damkar tanggap terhadap kasus kebakaran untuk menanganinya sebelum api melalap habis bangunan warga.

Ditambah lagi, kondisi jalanan di dalam Kota Pekanbaru saat ini padat, hal ini akan memperlambat mobil Damkar sampai ke lokasi kebakaran. Maka perlu dipastikan setiap kecamatan, ada posko Damkar yang personil dan peralatan lengkap di setiap kecamatan.

"Kalau tak bisa per kecamatan, per wilayah lah dulu, kayak daerah Panam, Kulim dan Rumbai. Tapi kedepan harus setiap kecamatan dan kita di Dewan siap menganggarkannya demi efisiennya kinerja Damkar," pungkasnya. (rrm)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index