Ilustrasi. FOTO: int

RSJ Sediakan Kamar Khusus, Caleg Merasa Dilecehkan

Selasa, 21 Januari 2014 - 18:36:52 WIB Di Baca : 79601 Kali


PEKANBARU, RiauAktual.com - Upaya Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Tampan menyediakan kamar khusus untuk para calon legislatif yang stres nantinya setelah kalah atau menang di Pemilihan Legislatif, April 2014, dinilai sebagai pelecehan bagi putra putri terbaik daerah ini untuk maju sebagai wakil rakyat.

Ketua Badan Legislasi DPRD Kota Pekanbaru, dan maju lagi bertarung dalam Pileg 2014 ini, menilai apa yang disampaikan RSJ ini sebagai bentuk pelecehan terhadap para caleg yang ada di Indonesia.

"Sama saja pihak RSJ menyebut kita sebagai caleg yang tidak siap. Apa maksud RSJ mengespos pernyataan itu," sebut Zaidir dengan nada kesal.

Padahal, sebut Politisi PKB ini, sebelum para caleg maju mencalonkan diri, melalui prosedur dengan tes kejiwaan di RSJ. Dengan statemen dari pihak rumah sakit yang menyebut telah menyediakan tempat, maka sama saja RSJ tidak komit terhadap rekomendasi yang telah diberikan kepada caleg dulunya.

"Berarti bisa dikatakan kemarin RSJ asal mengeluarkan hasil tes. Mereka tak komit dengan hasil tes yang telah dilangsungkan di rumah sakit," paparnya.

Caleg yang baru maju perdana kali di tahun ini, Mardisna SE MM, Caleg DPRD Kota Pekanbaru dari Partai Golkar nomor urut 3 Dapil V, juga tidak setuju dengan statemen RSJ tersebut.

"Mengapa mesti melontarkan kata-kata seperti itu, sama saja mereka beranggapan kita ini belum siap. Terus terang kita sebagai caleg sudah siap dengan segala konsekwensi yang muncul nantinya," kata Didis.

Menurutnya, jika pun para caleg nantinya ada yang stres akibat tidak bisa menerima kekalahan dalam pileg, maka tak hanya RSJ Tampan yang jadi alternatif pengobatan.

"Kan bisa saja ke ahli supranatural atau diobati secara psikologis dan segi keagamaan. Tak meski ke RSJ kan," cetusnya.

Selain itu, dengan kebijakan RSJ menyiapkan kamar VIP untuk caleg stres nantinya, diniilai tidak bijak. "Perlakukanlah semuanya sama, berikan perawatan dengan baik ke semua pasien," pintanya.

Sebelumnya, RSJ Tampan menyiapkan belasan kamar khusus untuk melayani pasien yang berasal dari calon legislatif, yang depresi akibat gagal menjadi anggota legislatif pada Pemilu Legislatif 9 April 2014.

"Setidaknya ada sepuluh kamar lebih yang disiapkan khusus," kata Juru Bicara RSJ Tampan, Donna, akhir pekan lalu. (rrm)





Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com