Catatan Kasus Selama 2013

Komisi I Berharap Kepolisian Tingkatkan Kinerja

Komisi I Berharap Kepolisian Tingkatkan Kinerja
Anggota Komisi I DPRD Kota Pekanbaru Riyanto. FOTO: rrm

PEKANBARU, RiauAktual.com - Sepanjang 360 hari yang dilalui di tahun 2013 kemarin, berbagai kasus tindakan kriminal terjadi di Kota Pekanbaru. Mulai dari aksi pencurian kendaraan bermotor, perampokan, hingga yang paling ngetren di tahun bersejarah tersebut yakni tindak kriminal geng motor.

Dengan berbagai kasus kriminal yang terus meningkat ini, aparat kepolisian diminta menjadikan kasus yang terjadi di 2013 kemarin sebagai pemacu untuk lebih profesional lagi dalam bertugas.

"Tahun 2013 luar biasa tindak kriminal, yang paling memprihatinkan itu adalah geng motor. Tentu ini harus jadi catatan tersendiri bagi aparat untuk langkah antisipasi di tahun akan datang," ungkap Anggota Komisi I DPRD Kota Pekanbaru Riyanto SH, Minggu (05/01/2014).

Seperti kasus curanmor saja, selama tahun 2013 ini data dari kepolisian mencatat, tindak kejahatan pencurian kendaraan bermotor di berbagai wilayah kabupaten/kota di Riau pada 2013 kemarin sebanyak 1.000 kasus.

Memang untuk kasus curanmor ini menurun sedikit dari tahun sebelumnya, yakni 2012. Pada tahun tersebut kasus curanmor tercatat 1.009 kasus.

"Tentu ada yang belum terungkap, ini akan menjadi PR kedepannya. Namun bagi yang penanganannya tuntas maka ini perlu kita beri apresiasi juga," tutur Riyanto.

Menurut politisi PKS ini, sesuai informasi yang diperolehnya bahwa tidak sampai separuh dari jumlah kasus itu yang bisa diungkap oleh aparat kepolisian, maka kedepan harus menjadi catatan penting bagi aparat penegak hukum dalam hal ini satuan reserse kriminal di kepolisian.

Selanjutnya mengenai kasus geng motor, menurut Riyanto, dari media massa yang ia lihat, masih ada kasus geng motor ini di Kota Pekanbaru.

Padahal, aparat kepolisian telah mengamankan bos besar geng motor yang bernama Klewang. Dengan demikian, Riyanto meminta aparat kepolisian terus meningkatkan pengawasan untuk mengamankan geng motor ini.

"Perlu peningkatan kinerja para intelejen kita untuk mengungkap tindakan kriminal di negeri ini. Karena semakin hari tindakan kriminal ini akan semakin tinggi," pinta Riyanto.

Riyanto menambahkan, sebagai wakil rakyat dirinya berharap agar pada tahun 2014 ini aparat kepolisian dapat meminimalisir segala bentuk tindakan kriminal di Kota Pekanbaru dan Riau secara umumnya.

"Ini pengalaman yang luar biasa, begitu banyak pelajar yang terlibat aksi tindak kriminal, kedepan yang kita harapkan agar yang bagus dipertahankan dan yang buruk diperbaiki," imbuhnya. (rrm)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index