Kediaman Pasien Positif Corona di Duri Langsung Disemprot Disinfektan

Kediaman Pasien Positif Corona di Duri Langsung Disemprot Disinfektan
foto: istimewa

Riauaktual.com - Rumah pasien positif Corona atau Covid-19 yang berasal dari Duri langsung disemprot dengan disinfekan oleh petugas kesehatan, Senin (30/3/2020). Bahkan, pihak kecamatan juga sudah memerintahkah ke lurah bersangkutan untuk memperluas areal penyemprotan.

"Ya kita baru tau tadi, diberi tau oleh Puskesmas bahwa ada warga kita yang positif Corona. Tadi juga sudah dilakukan penyemprotan di rumah warga tersebut, dan saya juga sudah memerintahkan Lurah agar melakukan penyemprotan di wilayah sekitar. Jadi tidak hanya di rumah pasien,” ujar Camat Mandau, Riki Rihardi.

Ia juga mengatakan, selama ini memang tidak mendapat laporan dari manapun terkait adanya warga Duri yang sakit dengan gejala Corona tersebut. Kalau tahu lebih awal, tentu pihak kecamatan bisa lebih waspada. 

"Setidaknya, melakukan tindakan-tindakan yang bisa memutuskan mata rantai penularan virus  Corona," jelasnya.

Selain melakukan penyemprotan disinfektan, sambung Riki Rihardi, pihak kecamatan bersama Puskesmas Duri juga melakukan pendataan serta menelusuri kemungkinan siapa saja warga setempat yang pernah berinteraksi dengan pasien maupun keluarga pasien.

"Kalau pasien katanya sudah lama sakit dan jarang berhubungan dengan warga. Namun keluarganya ini yang kita tidak tahu dengan siapa saja sudah berinteraksi,” ujar Riki.

Riki juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan menerapkan prilaku hidup sehat sebagaimana dianjurkan pemerintah agar terhindar dari virus Corona. 

"Dan yang lebih penting lagi, kita sangat mengharapkan kepada masyarakat, kalau ada warga yang  terindikasi terpapar virus corona agar segera melaporkan ke RT atau RW ataupun kelurahan,” pungkasnya.

Seperti diberitakan di sebelumnya, penambahan satu pasien positif Corona di Riau secara resmi disampaikan oleh Juru Bicara (Jubir) Penanganan Covid-19 Provinsi Riau, dr Indra Yopi, Senin (30/3/2020).

Berdasarkan keterangan yang disampaikan oleh dr Indra Yopi, satu pasien baru yang positif corona di Riau ini merupakan warga Duri. Berinisial AA usia 54 tahun. 

"Saat ini pasien dirawat di ruang isolasi disalah satu rumah sakit di Pekanbaru. Pasien ini merupakan warga Duri, Kecamatan Mandau, Bengkalis," kata dr Indra.

Setelah mendapatkan hasil uji swab yang menyatakan bahwa pasien atas nama AA ini dinyatakan positif corona, Dinas Kesehatan langsung melakukan tracking kontak dari pasien AA. 

"Dinas Kesehatan provinsi bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Bengkalis dan Polda Riau melakukan tracking orang-orang yang pernah kontak dengan pasien AA. Termasuk dari keluarganya," ujarnya. (har)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index