Ini Alasan Farid Ciptakan Lagu Rimbang Lagos 136

Ini Alasan Farid Ciptakan Lagu Rimbang Lagos 136
Farid Jhonatan

Riauaktual.com - Terancamnya Habitat Asli Harimau Sumatera menjadi alasan Farid Jhonatan ciptakan lagu Rimbang Lagos 136. Ia menceritakan keresahannya terhadap makin maraknya perusakan lingkungan hutan oleh ulah oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. 

"Tujuan yang hendak disampaikan, seperti lirik lagu ini, bahwa kalau kita ingin maju, harus dipikirkan, jangan sampai kemajuan malah membuat kita menghancurkan alam," tuturnya, Jumat, (20/3/2020).

Farid kemudian menceritakan hari ini banyaknya sekali proses kemajuan, namun tanpa memikirkan bahwa sebenarnya manusia tengah merusak alam, dimana hal tersebut menjadi langkah mundur. 

"Jadi lagunya menceritakan selamatkan dulu masyarakatnya dengan cara tetap menjaga alam dan rantai makanannya," jelasnya. 

Farid memandang kalau masyarakat ingin kemajuan sementara malah merusak habitat yang ada didalam hutan tersebut tentu akan berdampak fatal kedepannya. Mengingat Hutan sebagai filter utama dalam kehidupan manusia. Dimana Rimbang baling ialah paru-paru utama Riau yang perlu dirawat kelestariannya. 

"Karena hari ini tidak ada lagi hutan konservasi Harimau seperti di Jawa dan Bali sudah tidak ada lagi harimau asli disana, berbanggalah Riau karena masih ada Rimbang Baling sebagai tempat konservasi Harimau Sumatera dan kita bisa menceritakan ke anak cucu nantinya," tuturnya. 

Mengenai kerja sama dalam video klip ini, Farid mensyukuri banyak pihak yang mendukung. "Baik dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Walhi, Jikalahari, Alhamdulillah juga didukung beberapa UMKM yang ada di Riau, kemudian Pemuda kampar kiri. Buat saya bantuan itu sudah kerja sama, tidak hanya mesti uang, tetapi juga doa." Imbuhnya. 

Perlu diketahui, bukit Rimbang baling, daerah yang berbatasan dengan Provinsi Sumatera Barat ini ditetapkan sebagai kawasan konservasi sesuai Surat Keputusan (SK) Gubernur Riau Nomor 149/V/1982.

Menjadi rumah bagi satwa langka yang dilindungi, salah satunya Harimau Sumatera yang semakin berada diambang kepunahan. **

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index