Waduh! Stok Masker dan Cairan Disinfektan Minim, Diskes Kota Pekanbaru Minta Bantuan Provinsi

Waduh! Stok Masker dan Cairan Disinfektan Minim, Diskes Kota Pekanbaru Minta Bantuan Provinsi
Ilustrasi (net) Penyemprotan Disinfektan

Riauaktual.com - Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru sedang berupaya meminta bantuan ke pihak Provinsi Riau terkait minimnya stok masker dan cairan disinfektan dalam upaya pencegahan virus corona yang terjadi saat ini 

Plt Kadiskes Pekanbaru, Muhammad Amin, mengatakan, dalam dua hari ini ada bantuan   dua benda tersebut dari pihak provinsi sebab sekarang masih dipesan.

saat ini pihaknya tengah meminta bantuan ke Diskes Provinsi Riau untuk pengadaan cairan disinfektan dan masker wajah. 

"Dari Provinsi ada bantuan untuk kita dalam satu dua hari ini. Kita masih menunggu itu karena masih dipesan," kata Amin, Kamis (19/3/2020). 

Dijelaskannya, penyemprotan disinfektan telah dilakukan di beberapa tempat pelayanan publik Pemko Pekanbaru. 

Ia mengatakan, penyemprotan Desinfektan hanya sebagai upaya pengendalian menyebarnya virus Corona yang saat ini menjadi tantangan global bukan suatu alternatif, yang paling utama menjaga Imunitas tubuh.

"Namun, kita juga berharap dengan penyemprotan ini setidaknya bisa memperlambat ruang gerak perkembangannya virus," terangnya.

Amin, mengimbau, masyarakat agar jangan terlalu gelisah dengan wabah corona, yang terpenting selalu mengkonsumsi makanan yang bergizi untuk tetap menjaga ketahanan Imun tubuh. Kemudian lakukan upaya sesuai himbauan pemerintah, cuci tangan sebelum maupun sesudah kegiatan.

Diskes melalui tim juga tengah berjalan hingga ke Kecamatan untuk memantau Orang Dalam Pemantauan (ODP) sampai saat ini yang diterima pihaknya berjumlah 26 orang.

"Untuk Pasien Dalam Pemantauan (PDP) 10 menjadi 12 pasien. Data yang positif satu orang seperti yang telah di umumkan," jelasnya.

Ia menembahkan, untuk satu orang positif, pihaknya telah melakukan penyelidikan ke lapangan, dan data yang pernah bertatap muka dengan pasien positif telah di dapat datanya, termasuk Puskesmas Simpang Tiga, Jalan Kaharuddin Nasution, Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru, yang pertama me-ODP kan pasien tersebut. (iky)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index