DPRD Pekanbaru Pertanyakan Izin Alfa Hotel

DPRD Pekanbaru Pertanyakan Izin Alfa Hotel
Kamaruzaman SH. FOTO: int

PEKANBARU, RiauAktual.com - Pembangunan Alfa Hotel di persimpangan Jalan Imam Munandar/Harapan Raya, mendapat sorotan dari DPRD Kota Pekanbaru. Perizinan Alfa Hotel tersrebut dipertanyakan karena terlalu dekat jaraknya dengan jalan raya, maka Komisi I dalam waktu dekat mengagendakan untuk hearing dengan Satuan Kerja   terkait.

"Memang kita tidak tahu kok bisa berdiri Alfa Hotel ini, Amdal Lalin-nya seperti apa, kita bingung mengapa bisa berdiri, jaraknya hanya beberapa meter saja dari jalan," kata Wakil Ketua Komisi I DPRD Kota Pekanbaru Kamaruzaman SH, saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Selasa (17/12/2013).

Politisi Partai Demokrat ini juga menduga adanya permainan dalam memberikan perizinan perhotelan di Kota Pekanbaru. Sebab, dari pengamatan kasat mata saja, keberadaan Alfa Hotel jelas terlalu dekat dengan jalan raya, sehingga analisis dampak lalu lintas (Amdal Lalin) dipertanyakan oleh kalangan legislator.

"Nanti kalau ada pelebaran jalan, tentu akan bermasalah. Ada ganti rugi pula lagi, ini jelas melanggar. Makanya kita juga bingung perizinannya seperti apa," tutur Kamaruzaman lagi.

Dikatakan Kamaruzaman, keberadaan hotel di Kota Pekanbaru akhir-akhir ini terkesan asal-asalan saja. Dimana, masih banyak laporan yang masuk ke DPRD bahwa masih banyak rumah toko (Ruko) yang beralih fungsi menjadi hotel.

"Pasti dalam waktu dekat akan kita agendakan untuk memanggil satker terkait untuk membicarakan mengenai perhotelan tersebut. Lihat saja pekarangannya yang mepet ke jalan, itu parkirnya dimana, ini yang akan kita pertanyakan," tukasnya.

Ketua Komisi I Wahyudianto, membenarkan bahwa pihaknya mempertanyakan perizinan Alfa Hotel yang berdiri di persimpangan Jalan Harapan Raya tersebut. Menurut Politisi Partai Golkar ini, setiap adanya pembangunan hotel dan pusat perbelanjaan di Kota Pekanbaru seharusnya dibicarakan kepada DPRD untuk memberikan sumbangsih pemikiran kepada pembangunan hotel tersebut.

"Untuk izinnya kita harapkan ada dilakukan persentasi, sehingga ada sumbang saran untuk dijadikan dasar untuk pembangunan hotel itu nantinya," sebut Wahyudianto.

Ditambahkan Wahyudianto, terkait pembangunan Alfa Hotel yang terlalu mepet ke jalan raya, dampak jangka panjangnya tidak baik. Dimana, Kota Pekanbaru yang tengah berkembang pesat maka arus lali lintas pun akan semakin padat.

"Di Pekanbaru ini lahan tidak bertambah, tapi kendaraan yang semakin hari semakin bertambah. Maka keberadaan hotel terlalu dekat dengan jalan dikhawatirkan nanti berdampak terhadap arus lalu lintas," pungkasnya.

Saat dikonfirmasi Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Pekanbaru Dedi Gusriadi, melalui selulernya mengatakan, pihaknya masih sekedar wacana untuk melakukan pengecekkan terhadap keberadaan Alfa Hotel tersebut.

"Alfa Hotel itu sudah lama izinnya, kita cek dulu nanti (Amdal Lalin)," tuturnya singkat.

Sementara pihak Alfa Hotel, hingga berita ini diterbitkan, belum ada yang bisa dikonfirmasi. (tim)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index