Ini Alasan Kenapa Dewan Belum Sahkan APBD Pekanbaru 2014

Ini Alasan Kenapa Dewan Belum Sahkan APBD Pekanbaru 2014
ilustrasi. FOTO: int

PEKANBARU, RiauAktual.com - DPRD Kota Pekanbaru hingga kini belum ada tanda-tanda akan mensahkan APBD 2014. Alasannya, karena DPRD bersama tim anggaran pemerintah daerah Kota Pekanbaru masih membahas besaran anggaran untuk penanganan banjir.

"Belum tahu kapan disahkan, karena kita masih ada pembahasan tentang penanganan banjir. Agar kedepan anggaran untuk penanganan banjir benar-benar tepat sasaran," ungkap Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Sondia Warman SH, saat dikonfirmasi melalui selulernya, Rabu (11/12/2013).

Desas desus adanya perselisihan antara Pemerintah Kota Pekanbaru bersama kalangan Dewan yang mengakibatkan APBD tak kunjung disahkan, Sondia Warman membantah hal itu. Menurut Sondia, lambatnya pengesahan APBD 2014 ini diakibatkan Dewan ingin berhati-hati dalam penganggaran.

"Jangan sampai karena mau cepat-cepat, setelah disahkan nanti masyarakat komplen mengapa disahkan cepat, padahal masih ada yang diperlukan masyarakat," sebutnya.

Ditanya kapan waktu pasti untuk pengesahan APBD 2014 yang dibahas Dewan ini, Sondia pun tak bisa memberikan target. Sebab, dirinya bersama kalangan legislatif lainnya di DPRD Kota Pekanbaru bertekad agar penganggaran tahun ini efektif dari tahun-tahun sebelumnya.

"Kita tak punya target dan memang tidak ada target. Kita ingin betul-betul penganggaran ini tepat sasaran, yakni kepentingan masyarakat," sebutnya.

Anggaran yang tengah dibahas Dewan yang mengakibatkan APBD 2014 lama disahkan, menurut keterangan Sondia yakni anggaran tentang pembuatan saluran air. Sehingga, ketika ada anggaran untuk penanganan banjir ini, tahun depan tak terjadi lagi banjir yang merenggut korban jiwa.

"Fokus kepada penanganan banjir, umpamanya di Dinas PU, penanganan banjir disini dengan cara pembangunan drainase yang persentatif untuk menangani banjir. Itu yang sedang kita bicarakan di Dewan," pungkasnya.

Seperti diketahui, beberapa hari yang lalu, petinggi Pemerintah Kota Pekanbaru (Walikota, Wakil Walikota, Sekko, para Kepala Dinas) dipanggil rapat oleh DPRD Kota Pekanbaru. Rapat tertutup itu dilakukan malam hari sekitar pukul 22.00 WIB.

Besar dugaan, rapat tersebut membicarakan tentang APBD 2014 yang masih ada penambahan dan pengurangan dari kedua belah pihak antara legislatif dan eksekutif ini. (rrm)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index