Ahli Sejarah Duga Makam Kuno yang Ditemukan Milik Pendiri Roma

Ahli Sejarah Duga Makam Kuno yang Ditemukan Milik Pendiri Roma

Riauaktual.com - Sebuah makam kuno yang ditemukan sekitar 100 tahun lalu dianggap milik pendiri Roma, Romulus. Itu setelah penyelidikan dilakukan selama berbulan-bulan oleh ahli sejarah.

Sarkofagus batu dari abad ke-6 sebelum masehi ditemukan di bawah jantung ibukota Italia lebih dari satu abad yang lalu. Benda sejarah itu ditemukan bersama altar bundar, dikutip dari Asia One, Kamis (27/2/2020).

Usai penemuan itu, para ahli sejarah tidak dapat menyetujui apakah itu milik figur dongeng atau bukan. Menurut legenda, Romulus mendirikan kota setelah membunuh saudara kembarnya, Remus.

Saudara-saudaranya telah dibesarkan oleh serigala betina yang kini menjadi simbol Roma. 

Sejarawan telah lama terpecah bukan hanya tentang apakah pasangan itu benar-benar ada. Tetapi jika demikian, di mana tubuh Romulus yang dilaporkan dipotong-potong setelah kematiannya oleh para senator yang marah.

Makam itu ditemukan pada abad ke-19 dan diketahui oleh spesialis pada saat itu tetapi dilupakan sampai penggalian baru dalam satu tahun terakhir.

Taman Arkeologi Colosseum mengatakan petunjuk baru-baru ini semua menunjuknya sebagai makam pendiri, dalam apa yang disebutnya sebagai penemuan luar biasa.

Romulus, yang dipopulerkan oleh para penulis seperti Livy, Ovid dan Plutarch, dikatakan telah membajak selokan persegi di sekitar Bukit Palatine untuk membatasi dinding kota masa depan.

Ketika Remus yang mengejek melompati "dinding" untuk membuktikan betapa tidak efektifnya melawan penjajah, saudaranya membunuhnya.

Sebuah tim ilmuwan yang melakukan penggalian pada akhir 1980-an menemukan luka panjang dan dalam yang ditandai oleh batu-batu besar, yang mereka klaim sebagai "alur suci" yang dibajak oleh Romulus.

Legenda mengatakan ia melanjutkan untuk membentuk senat Romawi dan memerintah sebagai raja pertama kota itu selama hampir 40 tahun, sebelum menghilang ke udara tipis suatu hari ketika sedang memeriksa pasukannya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index