Ini Kisah Bung Karno yang Membuat Raja Arab Terdiam

Ini Kisah Bung Karno yang Membuat Raja Arab Terdiam
Photo : U-Report Bung Karno dan Raja Arab

Riauaktual.com - Ir. H. Soekarno atau yang dikenal sebagai Bung Karno adalah presiden pertama Republik Indonesia yang menjabat pada periode 1945–1967. Ia memainkan peranan penting dalam memerdekakan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda. Ia adalah Proklamator Kemerdekaan Indonesia (bersama dengan Mohammad Hatta) yang terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945.

Ada cerita menarik ketika beliau berziarah ke makam Nabi Muhammad SAW. Sayyid Husein Muthahar, pengarang lagu-lagu perjuangan seperti Hari Merdeka, Hymne Pramuka, dan Syukur itu menceritakan kisah Bung Karno yang begitu menghormati dan mencintai Rasulullah SAW.

Sayyid Muthahar yang ikut dalam rombongan Haji Bung Karno bercerita. Saat Bung Karno berjalan di Kota Madinah bersama Raja Saud bin Abdul Aziz, Bung Karno bertanya kepada Raja Saudi, "Di mana makamnya Rasulullah SAW wahai raja?" Raja Saud bin Abdul Aziz menjawabnya, "Oh, itu makam Rasulullah SAW sudah terlihat dari sini". Saat itu juga Bung Karno melepaskan atribut-atribut pangkat kenegaraannya.

BACA SELENGKAPNYA ...

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index