Kecepatan di Spidometer Sengaja Dibuat Tidak Akurat, Ini Alasannya

Kecepatan di Spidometer Sengaja Dibuat Tidak Akurat, Ini Alasannya
Photo : U-Report Speedometer Mobil

Riauaktual.com - Apakah kalian tahu spidometer? Jika tidak tahu, setidaknya pasti Anda pernah lihat meski tidak tahu namanya. Sebab, spidometer ini pasti ada di setiap kendaraan bermotor. Entah itu di roda dua maupun roda empat. Apa itu spidometer dan apa fungsinya?

Spidometer merupakan alat untuk mengukur kecepatan kendaraan dan juga sebagai perlengkapan standar bagi kendaraan yang beroperasi di jalanan. Jadi, spidometer ini berfungsi sebagai acuan yang menunjukkan informasi kecepatan kendaraan saat melaju. Dengan adanya spidometer, pengendara motor jadi bisa mengontrol kecepatan kendaraannya. Sehingga hal itu bisa mencegah terjadinya kecelakaan.

Tapi, sadarkah kalau ternyata informasi kecepatan yang kita lihat pada spidometer itu tidak sepenuhnya akurat? Angka yang tertera di spidometer memang dibuat jauh lebih tinggi atau dilebihkan dari kecepatan asli kendaraan bermotor itu sendiri. Hal tersebut sebenarnya sebagai upaya untuk mengurangi risiko kecelakaan di jalan raya. Apalagi pemalsuan kecepatan tersebut sangat berdampak baik bagi psikologi pengendara.

BACA SELENGKAPNYA ...

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index