Empat Tips Simpel Mencegah Serangan Jantung Mendadak

Empat Tips Simpel Mencegah Serangan Jantung Mendadak
Ilustrasi serangan jantung (Foto: iStock)

Riauaktual.com - Memperhatikan kesehatan jantung perlu untuk mengetahui seberapa besar risiko yang kita dapat dari serangan jantung. Kematian karena penyakit jantung tidak dapat diprediksi dan sangat cepat menyerang individu.

Ada beberapa hal simpel yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesehatan jantung, seperti dikutip dari The Healthy:

1. Mengonsumsi minyak ikan

Minyak ikan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan jantung tanpa memerlukan resep. Menurut banyak penelitian jika Anda memiliki Kolestrol tinggi, mengkonsumsi minyak ikan dapat menurunkan peluang terkena masalah kardiovaskular hingga 20 persen.

Jika mengalami serang jantung hal ini dapat memotong kemungkinan yang kedua sebesar 15 hingga 30 persen. Menurut penulis studi yang bersangkutan, Carl J lavie, asam lemak EPA dan DHA yang menjadi utama.

"Semua orang sehat harus rata-rata sekitar 500 miligram EPA dan DHA gabungan sehari. Anda bisa mendapatkannya dengan dua kali makan ikan per minggu atau melalui suplemen", katanya.

2. Konsultasi ke dokter sebelum mengkonsumsi aspirin

Aspirin membantu menangkal serangan jantung pada pria dan stroke pada wanita. Namun parah ahli mencurigai dengan konsumsi aspirin menyebabkan pendarahan perut yang cukup serius.

Penting dipahami secara umum pria tidak boleh mengkonsumsi aspirin sebelum usia 45 tahun, wanita harus menunggu sampai usia 55 tahun. Keduanya harus berhenti pada usia 79 tahun serta bicarakan pada dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi.

Sebenarnya meditasi dapat mencegah serangan jantung, stroke dan kematian dini pada orang dengan masalah jantung. Penelitian telah menunjukkan bahwa cara seperti ini menurunkan tekanan darah dan penumpukan plak di arteri.

3. Melakukan meditasi

Dari 210 orang Afrika-Amerika yang memiliki riwayat kardiovaskular, mereka yang belajar teknik meditasi transendental memiliki kemungkinan 47 persen lebih rendah dibandingkan yang tidak melakukan.

4. Larangan merokok

Tentu peringatan jangan merokok berdampak pada penyakit jantung mendadak. Larangan jangan merokok di tempat-tempat umum juga berdampak pada penurunan penyakit jantung.

Institute of Medicine melaporkan bahwa tingkat serangan jantung telah turun sebanyak 47 persen di daerah-daerah yang melarang merokok di tempat umum.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index