Dewan Minta Diskes Jamin Pelayanan di Pustu

Dewan Minta Diskes Jamin Pelayanan di Pustu
Darnil. FOTO: ra doc

PEKANBARU, RiauAktual.com - Masyarakat Kota Pekanbaru masih saja mengeluhkan pelayanan di puskesmas maupun puskesman pembantu (pustu) yang ada di beberapa kecamatan di Pekanbaru. Keluhan masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan di pustu, yakni sering tidak bertemunya calon pasien dengan tenaga medis, hanya dilayani staf yang bukan tenaga medis.

"Keluhan itu sampai ke saya, maka kita harapkan selain menyiagakan pustu, Diskes kita harapkan juga menjamin pelayanan di pustu itu, denga menempatkan tenaga medis yang profesional siap menanti pasiennya setiap hari," ungkap Anggota Komisi III DPRD Kota Pekanbaru H Darnil, saat dikonfirmasi melalui selulernya, Minggu (24/11/2013).

Dikatakan Ketua Partai Hanura Kota Pekanbaru ini, sebagai wakil rakyat di DPRD Kota Pekanbaru, dirinya telah menganggarkan dana kesehatan ini bersama rekannya di DPRD dengan jumlah yang besar, sehingga Darnil berpikir, tak mungkin pelayanan kesehatan di Kota Pekanbaru tidak maksimal.

"Apa lagi masalahnya, koordinasikan dengan kita. Kalau perlu tambahan anggaran silahkan ajukan. Kita ingin pelayanan kepada masyarakat maksimal, jangan ada laporan dari masyarakat ke Dewan bahwa mereka dicuekin saat datang ke puskesmas," pinta Darnil.

Dinas Kesehatan juga diminta mensiagakan tenaga medis di lokasi rawan banjir di musim hujan ini. Dengan tujuan, agar masyarakat yang terjangkit berbagai penyakit langsung mendapatkan perawatan medis.

"Bila perlu tenaga medis yang ada di puskesmas lain dipindahkan ke pustu yang daerahnya memerlukan tenaga medis untuk mengoptimalkan pelayanan. Ini semata-mata untuk menjamin agar masyarakat mudah untuk berobat," tuturnya.

Di daerah yang rawan terjadinya penyebaran demam yang diakibatkan nyamuk, atau demam berdarah dangue (DBD), Dinas Kesehatan juga diminta melakukan fooging agar tidak terus berjatuhan korban. Karena pada cuaca basah saat ini, penyebaran nyamuk demam berdarah akan meningkat.

"Kemarin saya sudah dapat laporan dari masyarakat Kecamatan Sukajadi, ada warganya terserang DBD, maka besok kita akan turun bersama diskes lakukan fooging di wilayah itu. Wilayah lain juga silahkan lapor jika butuh fooging," imbuhnya. (rrm)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index