Bupati Resmikan Puskesmas Desa Sungai Raya

Bupati Resmikan Puskesmas Desa Sungai Raya

Riauaktual.com -  Bupati Inhil HM Wardan meresmikan penggunaan Puskesmas Desa Sungai Raya Kecamatan Batang Tuaka, Kamis, 23 Januari 2019. Dengan beroperasinya Puskesmas tersebut, memudahkan pelayanan kesehatan masyarakat Desa Sungai Raya dan sekitarnya.

Turut hadir dalam peresmian tersebut, Wakil Bupati Inhil H Samsudin Uti, Kadiskes Inhil H Zainal Arifin SKM, M Kes, Kepala OPD, Camat dan Upika Kecamatan Batang Tuaka dan masyarakat sekitar yang antusias ikut menyaksikan acara tersebut.

Dalam sambutannya Bupati Inhil HM Wardan menyampaikan, sektor kesehatan menjadi salah satu program prioritas dalam masa kepemimpinannya. Sejak mulai menjabat pada periode pertama dia sudah mengintruksikan kepada Kadiskes untuk melakukan evaluasi dan inventarisir Puskesmas yang ada.

"Saat saya menjabat pada awal kalau kondisi UPT Puskesmas memprihatinkan. Sarana dan alat kesehatan sangat tidak memadai. Meski begitu dari 2014-2019 revitalisasi 14 Puskesmas," ujarnya.

Masih menurut Wardan, Meski anggaran APBD kita sangat terbatas, itu tidak menghalangi kita untuk membenahi sektor kesehatan. Ia bersama Kadiskes bekerja keras untuk mencari dana APBN untuk membangun dan merevitalisasi bangunan Puskesmas yang ada.

"Khusus untuk bangunan Puskesmas Desa Sungai Raya ini memakan dana 4.2 milyar, dan semua mengguanakan dana APBN," kata Wardan.

Pada kesempatan itu Bupati juga menyampaikan, untuk tahun 2020 untuk Rumah Sakit Puri Husada Tembilahan juga mendapat bangunan baru dengan 47 milyar, dan sekarang proses lelang sedang berlangsung.  Kalau nantinya bangunana itu siap, tentu pelayanan akan semakin baik.

"Dengan berbagai kemajuan yang telah kita capai, saya berharap kepada tenaga kesehatan dapat memberikan pelayanan terbaik.Kedepankan pendekatan emosional dan psikologis, hingga akan masyarakat merasa senang ketika berobat," tambahnya lagi.

Terkait dengan ruas jalan penghubung antara Desa Sungai Raya ke Tembilahan yang kondisi memprihatinkan, Bupati berjanji untuk memperbaikinya. meski anggaran tidak masuk di tahun ini, kedepan akan tetap akan fokuskan. 

Sementara Kadiskes Inhil Zainal Arifin dalam sambutannya mengatakan, Bangunan Puskesmas Desa Sungai Raya sangat bagus, bahkan lebih bagus Puskesmas yang ada di Ibu Kota Kecamatan yakni Sungai Piring. 

Untuk itu ia meminta kepada seluruh jajaran di Puskesmas ini untuk memberikan pelayanan yang baik. "Kalau Kepala Puskesmas sering tidak berada di tempat, tolong lapor, kita akan berikan sanksi keras kalau itu sampai terjadi," katanya. 

Dalam kesempatan berbeda Kepala Desa Sungai Raya, Kartini menyebut sangat bersyukur sekali karena didesa sungai raya sudah ada Puskesmas.

"Hari ini Desa Sungai Raya sudah memiliki Puskesmas dengan fisik bangunan yang begitu mendukung dan fasilitas Alat kesehatan yang memadai, dan yang terpenting masyarakat Desa Sungai Rayab tidak perlu lagi jauh-jauh mencari puskesmas ketika sakit," ucapnya.

Lanjutnya, Kartini berharap dengan adannya Puskesmas di desa bisa memberikan pelayanan yang baik dan maksimal. "Semoga dengan adanya puskesmas yang di bangun dengan menggunakan Dana yang tidak sedikit, Pelayanan kepada masyarakat tentu diharapkan lebih baik dan tvmaksimal lagi, karena percuma Puskesmas dibangun dengan Dana yang tidak sedikit tidak bisa memberikan pelayanan yang baik," jelasnya. (suf)
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index