Luar Biasa !! Kirab Budaya Melayu Raih Rekor MURI

Luar Biasa !! Kirab Budaya Melayu Raih Rekor MURI
(kps.com)

NASIONAL (RA)- Kirab balai melayu digelar dengan berarak dari Istana Maimun menuju Lapangan Merdeka, Medan, Minggu (8/7) ini. Kirab balai yang merupakan bagian dari rangakaian Festifal Budaya Melayu Agung itu tercatat memecah rekor MURI.

Kirab diikuti 2012 peserta yang membawa balai. Meraka berasal dari berbagai kecamatan di Medan. Kirab juga diramaikan marching band. Pemberangkatan kirab, dihadiri para sultan dan raja se-Nusantara yang pada saat yang sama menggelar pertemuan di Medan.

"Ini gambaran betapa bangsa kita sangat majemuk dan penuh warna. Ini menjadi keunggulan sendiri bagi bangsa kita, sehingga harus kita pertahankan," kata Wali Kota Medan, Rahudman Harahap, dalam sambutannya.

Pembukaan Festival Budaya Melayu Agung dilaksanakan pada Jumat (6/7/2012) lalu. Hadir dalam acara tersebut antara lain penyanyi Iyet Bustami.

Festival ini dirangkai dalam berbagai acara, antara lain festival dendang melayu, festival serampang XII, fashion show songket melayu, dan pagelaran teater tradisional  putri bungsu.

Khusus hari minggu ini, panitia menggelar kirab balai melayu, penampilan egrang, dendang dan kelakar melayu, festival tari zapin melayu, pagelaran tonil. Adapun besok Senin, panitia menggelar, pembacaan syair atau puisi melayu, nazam-gurindam, dan lomba berbalas pantun. Acara ditutup pada hari Selasa.(kps.com)

Berita Lainnya

View All