Bupati Inhil Imbau Sejumlah Pihak Jalin Sinergi Jaga Stabilitas Daerah

Bupati Inhil Imbau Sejumlah Pihak Jalin Sinergi Jaga Stabilitas Daerah
HM Wardan

Riauaktual.com - Menjelang penyelenggaraan Pesta Demokrasi, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Riau serta Bupati dan Wakil Bupati Indragiri Hilir (Inhil), Bupati Inhil, HM Wardan mengimbau sejumlah pihak terkait menjalin sinergi guna menjaga stabilitas daerah.

Hal ini diutarakan Bupati Inhil, HM Wardan yang diwakili oleh Asisten II (Dua), Darussalam dalam sambutannya dalam Rapat Koordinasi Pemerintah Daerah se - Kabupaten Inhil Dalam Rangka Persiapan Menghadapi Natal dan Tahun Baru 2018 Pilkada Serentak Gubernur dan Wakil Gubernur Riau serta Bupati dan Wakil Bupati Inhil Tahun 2018 dan Pengawasan Desa, Kamis (21/12/2017) pagi.

Pihak - pihak yang diharapkan berkontribusi dan mengambil peran penting dalam menjaga stabilitas daerah pada saat berlangsungnya Pilkada ialah, pihak Kepolisian, Satuan Polisi Pamong Praja dan komponen aparatur daerah Kecamatan se - Kabupaten Inhil.

"Disamping itu, kita juga meminta kepada Badan Keselamatan Bangsa, Politik dan Lingkungan Masyarakat dapat juga membangun komitmen bersama menjaga situasi yang kondusif, baik Pra Pilkada, Pasca Pilkada dan yang terpenting pada saat Pilkada berlangsung," ujar 

Pada ajang Pilkada di tahun 2018 mendatang, Bupati mengatakan, aspek keamanan merupakan satu hal krusial yang perlu diperhatikan karena akan menimbulkan potensi terhadap kegagalan berlangsungnya pesta rakyat lima tahunan di Provinsi Riau, khususnya Kabupaten Inhil.

"Sebagai wujud dari perhatian serius ihwal aspek keamanan Pilkada, setelah APBD 2018, maka Pemkab Inhil berkomitmen untuk menyepakati NPHD (Naskah Perjanjian Hibah Daerah) untuk pengamanan Pilkada," ungkap Darusssalam.

Disamping itu, penandatanganan NPHD sebagai wujud perhatian serius penyelenggaraan Pilkada, Bupati menyebutkan, penyediaan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) yang dilakukan di jauh hari juga merupakan bentuk komitmen menyukseskan Pilkada oleh Pemerintah Kabupaten Inhil.

Bupati menginstruksikan kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Inhil, seperti halnya para camat untuk aktif menjalin koordinasi dan konsolidasi dengan pihak Kepolisian dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban umum menjelang Pilkada.

"Laporkan manakala ada hal - hal yang berpotensi membuat situasi tidak kondusif. Maraknya isu SARA sebagai bagian dari black campaign menjadi satu hal yang juga harus diwaspadai sebagaimana arahan Kapolri," tandas Bupati.

Hadir dalam rapat koordinasi tersebut, Wakil Direktur Binmas Polda Riau, Kapolres Inhil, para Camat dan Bhabinkamtibmas se - Kabupaten Inhil serta sejumlah Pejabat Tinggi Pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Inhil.

Pada rapat koordinasi ini juga dilakukan beberapa ekspos oleh sejumlah instansi, diantaranya ekspos tentang perkembangan politik menjelang Pilkada, ekspos Pilkada serentak, ekspos persiapan menjelang Natal dan Tahun Baru 2018 serta ekspos BBM dan Gas Elpiji. (ADV)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index