Ketua DPP PAN Yandri Susanto di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (25/10/2017). Foto/Kompas.com

PAN Dukung Capres Selain Jokowi untuk Menghindari Calon Tunggal

Selasa,10 Juli 2018 - 12:47:34 WIB Di Baca : 624 Kali

Riauaktual.com - Ketua DPP Partai Amanat Nasional Yandri Susanto menuturkan, partainya akan mendukung calon alternatif di luar pilihan Joko Widodo saat Pilpres 2019. Hal itu dilakukan untuk menghindari calon tunggal saat Pilpres 2019 mendatang.

“Kecenderungan kuat di internal kami, termasuk di akar rumput ketika kami keliling, masukan-masukan dari simpatisan pengurus sebaiknya PAN menghadirkan calon alternatif di luar pak Jokowi,” kata Yandre saat dihubungi Kompas.com, Selasa (10/7/2018).

PAN, kata Yandri, tak bisa mengusung capres dan cawapres sendiri sehingga tak bisa memaksakan posisi cawapres.

Namun demikian, Yandri menyatakan, PAN tetap mengupayakan agar ketua umumnya Zulkifli Hasan bisa mendampingi Prabowo sebagai cawapres.

“Kalau dari PAN tentu kami menyodorkan bang Zul (Zulkifli Hasan) untuk diusungkan sebagai cawapres. Ada juga di luar internal kami, ada pak Prabowo dari Gerindra, tokoh non partai ada Anies dan Gatot (Gatot Nurmantyo),” kata dia.

“Insyaallah seperti itu, karena ingin menghadirkan calon lebih dari satu, kalau hanya calon satu nggak bagus untuk demokrasi kita kan gitu. Kalau semua ke Pak Jokowi, calon tunggal nanti,” Yandri menambahkan.

Menurut Yandri, tugas partai politik salah satunya adalah menghadirkan calon-calon yang memiliki kemampuan dan kapasitas, sehingga rakyat ada pilihan-pilihan lain tak terkecuali saat pesta demokrasi tahun 2019 kelak.

Meski begitu, Yandri menghargai partai koalisi pendukung Jokowi dalam Pilpres 2019.

Partai-partai yang sudah menyatakan dukungan kepada Jokowi diantaranya PDI-P, Golkar, Nadsem, PPP, PKB dan PSI.

“Kita saling menghormati saja kalau pak Jokowi sudah cukup ya silahkan, baik juga untuk negeri ini,” kata dia.

Di sisi lain, Yandri menyatakan, pada prinsipnya PAN tidak mempermasalahkan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto maju sebagai calon presiden pada pilpres 2019 mendatang.

“Kita prinsipnya tetap saja berkoalisi dengan Gerindra, siapa capresnya kalau pak Prabowo nggak masalah kita, tapi kalau pak Prabowo memberi mandat yang lain misalnya ke Anies (Anies Baswedan), atau Gatot (Gatot Nurmantyo) juga kita siap gitu lho,” ujar Yandri.

“Atau (Partai) Gerindra minta bang Zul (Zulkifli Hasan) wakilnya (cawapres) besok kita deklarasi kalau memang begitu formatnya,” lanjut Yandri. (Wan)

 

Sumber: Kompas.com


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...