Hasil Pleno KPU Riau, AMAN dan HA Maju ke Putaran Kedua

Hasil Pleno KPU Riau, AMAN dan HA Maju ke Putaran Kedua
Ketua KPU Riau T Edi Sabli. doc ra

PEKANBARU, RiauAktual.com - Rapat pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau menetapkan, Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri) 2013 berlangsung dua putaran. Hal itu diputuskan dalam rapat pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pilkada Provinsi Riau yang berlangsung di Hotel Aryaduta, Pekanbaru, Minggu (15/9/2013).

"Sesuai UU Nomor 12 tahun 2008 tentang Pemerintahan Daerah, pasal 107 huruf 1 dan 2, jika tidak ada pasangan calon yang memperoleh 30 persen lebih suara sah, maka harus dilakukan Pilkada putaran kedua yang diikuti dua pasangan calon yang memperoleh suara terbanyak," kata Ketua KPU Riau, Tengku Edi Sabli saat membacakan rekapitulasi hasil penghitungan suara.

Hasil ini diketahui melalui 163 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di 12 kabupaten/kota se-Riau yang merampungkan rekapitulasi yang telah dipleno secara langsung oleh KPU Riau.

Berdasarkan penghitungan dari seluruh PPK, pasangan nomor urut 2, Annas Maamun-Arsyadjuliandi Rachman (Aman) berhasil memperoleh suara tertinggi yakni 685.291 suara (28,83 persen) dari 2.376.839 suara sah.

Posisi kedua ditempati pasangan nomor urut 1, Herman Abdullah-Agus Widayat (HA) dengan 546.714 suara (23,00 persen). Menyusul suara terbanyak ketiga diraih pasangan nomor urut 4, Achmad-Masrul Kasmy (Beramal) dengan 492.665 suara (20,73 persen) diikuti pasangan nomor urut 3 Lukman Edy-Suryadi Khusaini (Lurus) dengan 333.621 suara (14,04 persen).

Pasangan nomor urut 5 Jon Erizal-Mambang Mit (JE-MM) memperoleh 318.548 suara (13,40 persen).

Pasangan AMAN yang diusung Partai Golkar unggul di lima kabupaten/kota yakni Bengkalis, Rokan Hilir (Rohil), Pelalawan, Siak dan Kota Dumai. Pasangan HA unggul di tiga kabupaten/kota yakni Pekanbaru, Kampar dan Kuantan Singingi (Kuansing).
Pasangan Beramal (Partai Demokrat) unggul di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) dan Kepulauan Meranti. Pasangan Lurus (PKB-PDIP) unggul di Kabupaten Indragiri Hilir dan pasangan JE-MM (PAN) unggul di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu).

"Peserta Pilkada Riau putaran kedua yakni, pasangan cagub yang memperoleh suara terbanyak pertama (Aman) dan pasangan cagub yang memperoleh suara terbanyak kedua (HA)," ujar Tengku Edi Sabli.

Untuk pilkada putaran kedua akan berlangsung pada hari Rabu 30 Oktober 2013 mendatang. (don)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index