Perkantoran Tenayan Raya jadi Kado Istimewa untuk HUT Pekanbaru ke 234

Perkantoran Tenayan Raya jadi Kado Istimewa untuk HUT Pekanbaru ke 234
Walikota Pekanbaru DR Firdaus Jadi Inspektur Upacara Hari Jadi Kota Pekanbaru ke 234

Riauaktual.com - Layaknya yang berulang tahun pastilah mendambakan sebuah kado spesial. Tidak terkecuali Pekanbaru yang genap berusia ke- 234 pada 23 Juni 2018.

Walikota Pekanbaru DR Firdaus sudah memimpikan akan memberikan kado besar itu bagi para warganya khususnya bagi Aparatur Sipil Negara dan Tenaga Harian Lepas, yakni dengan membangun kawasan perkantoran baru Tanayan Raya di Jalan Badak, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru. 

Dengan perkantoran baru ini diharapkan ASN dan THL selaku pelayan masyarakat bisa lebih maksimal berkreatif dan inovatif melayani masyarakat.

Walikota Pekanbaru DR Firdaus ST MT saat menjadi Inspektur upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Pekanbaru ke-234 mengatakan perkantoran baru Tanayan Raya menjadi kado terindah di hari ulang tahun Pekanbaru ke 234. 

Pada peresmian ini dihadiri seluruh lapisan masyarakat mulai dari Forkompinda, Ketua LPM Pekanbaru, Kepala Kesbangpol Provinsi Riau yang mewakili Gubernur Riau, ASN Pemko Pekanbaru dan Ormas - Ormas yang ada di Pekanbaru serta stakholder lainnya. 

"Alhamdulillah begitu banyak lapisan masyarakat yang hadir dalam upacara kali ini. Upacara juga berjalan lancar, ini awal yang baik untuk kita kedepannya," ujar Firdaus.

Firdaus mengatakan, bahwa Komplek Perkantoran Tenayan Raya merupakan kado dari jajaran Pemko Pekanbaru dalam memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. "Nantinya pelayanan kepada masyarakat lebih efektif. Karena semua pusat perizinan akan berpusat di Mall Pelayanan Publik (MPP) di Kantor Sudirman. InsyaAllah 2019 Komplek Perkantoran Tenayan Raya maupun Mall Pelayanan Publik akan beroperasi efektif kedepannya,'' ungkap Firdaus. 

Walikota Pekanbaru. DR Firdaus ST MT mengatakan, diarahkannya pembangunan kompleks perkantoran pemerintah di Kecamatan Tenayan Raya juga sudah disesuaikan dengan Rencana Tata Ruang Wllayah (RTRW) Kota Pekanbaru. 

Pengembangan komplek perkantoran di Tenayan Raya kini sudah hampir tuntas dan segera ditempati. Ground breaking atau pemancangan bangunannya saat itu secara simbolis diresmikan oleh Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT. 

Pengibaran Bendera Merah Putih

Walikota mengatakan, pembangunan harus beriringan, yaitu sesuai dengan cita-cita pendiri bangsa ini, yakni membangun jiwa dan bangun badannya. Analoginya adalah pembangunan selain bentuk fisik perkantoran juga pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat Pekanbaru. 

Kota Pekanbaru selain melakukan pemerataan pembangunan, juga membangun jalan outoringroad jalan lingkar luar dan membangun tol Pekanbaru Dumai. Dengan luas yang hampir sama dengan Provinsi DKI Jakarta, pembangunan Iahan kosong di beberapa kawasan Pekanbaru yang salah satunya komplek Perkantoran Tenayan Raya, pemerataan pembangunan dén pengembangan SDM tak menampik Kota MetropoIitan yang Madani akan terwujud. 

Sebagaimana diketahui, luas lahan untuk pembangunan kawasan terpadu Komplek Perkantoran Pemko Pekanbaru yang berada di kawasan Kecamatan . Tenayan mencapai 300 hektar. Lahan ini terintegrasi pada 1.000 hektar Iahan yang dicadangkan. Sementara peruntukannya untuk membangun sembilan unit gedung, saat ini enam unit mulai dibangun. Satu unit gedung . utama untuk Kantor Walikota dan Iima unit untuk gedung Satker, dengan rencana penggunaan anggaran sebanyak Rp514 miliar dengan sistem penganggaran tahun jamak (multiyears). 

Sebelumnya, pembangunan komplek perkantoran Walikota Pekanbaru di Tenayan Raya sempat menimbulkan banyak keraguan di masyarakat Pekanbaru. Namun Pemko Pekanbaru memastikan akhir tahun ini perkantoran sudah bisa ditempati. 

"Awalnya memang banyak masyarakat yang ragu. Tapi dengan telah tuntasnya beberapa perkantor, insyaallah secara bertahap, tahun depan perkantoran di Tenayan Raya sudah bisa difungsikan," terang Firdaus. 

Dikatakannya, pembangunan yang diarahkan ke kawasan Tenayan Raya salah satunya untuk meratakan pembangunan dan pengembangan wilayah di Kota Pekanbaru. 

"Jadi sekarang bukan hanya dikawasan kota saja yang berkembang. Kawasan padat penduduk ini sudah sering macet. Untuk itu agar merata pembangunan, kawasan perkantoran dibangun di Tenayan Raya,” ujarya.

Nantinya tidak semua perkantoran ataupun Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dipindahkan ke komplek perkantoran Tenayan Raya. "Tidak semuanya kita pindahkan, hanya beberapa dinas. Seperti Diskop dan Disperindag dan kepala bagian yang dipindahkan ke Tenayan Raya,” imbuhnya.

 

Kini, Perkantoran tersebut akan segera dilaunching. Hal itupun dikatakan Firdaus sebagai kado spesial dari dirinya kepada warga Pekanbéru pada hari jadi Kota Pekanbaru ke-234. p

"Ya, Tenayan Raya akan menjadi hadiah istimewa bagi warga Kota Pekanbaru pada hari jadi Pekanbaru. Kami akan launching peresmian beroperasinya perkantoran di Tenayan Raya," ungkap Firdaus optimis. 

Disebutkan dia, beroperasinya perkantoran tersebut. bukan sebatas simbol "dari berpindahnya" aktivitas pelayanan pemerintah Kota Pekanbaru. Namun juga menjadi salah satu dari bentuk komitmen besar ‘ pemerintah dalam memberikan pelayanan terbaik. Sekaligus memberikan ruang yang lebih luas dan layak bagi masyarakat dalam beraktivitas. Direncanakan akan ada beberapa kantor dines yang juga akan berada di Tenayan Raya. 

Saat ini, proses pemindahan tersebut masih terus digesa untuk bisa selesai sampai menjelang hari jadi Kota Pekanbaru Ke234. 

Adapun perkantoran Wali Kota di Jalan Jendral Sudirman, disebutkan Firdaus, tetap akan difungsikan sebagai pusat pelayanan pemerintahan dan rencana beroperasinya role model untuk Mal Pelayanan Kota Pekanbaru. (advertorial /Diskominfo Pekanbaru) 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index