Ils internet

Satgas Pantau Adanya Kenaikan Harga Pangan, Terutama di Inhu

Senin,28 Mei 2018 - 13:23:52 WIB Di Baca : 2005 Kali

Riauaktual.com - Satgas Pangan memantau adanya kenaikan harga di beberapa pasar di Provinsi Riau. Termasuk yang paling menonjol, kenaikan harga beberapa komoditas di Kabupaten Inhu.

Dalam waktu dekat ini, Satgas Pangan akan turun ke lokasi-lokasi tersebut. Kemudian menganalisa penyebab kenaikannya.

''Tujuan kita bukan menakut-nakuti, tapi mencoba menganalisa penyebab kenaikannya,'' kata Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrumsus), Kombes Pol Gidion Arif Setyawan, Senin (28/5)

Dari hasil analisa yang didapat, jika ditemukan adanya permainan oknum melakukan penimbunan. Maka yang bersangkutan bisa dikenakan Undang-undang tindak pidana ekonomi.

''Maka hati-hati ada undang-undang tindak pidana ekonomi, bagi pelaku usaha nakal,'' ujarnya.

Dengan kondisi Provinsi Riau masih bergantung pasokan pangan dari luar. Gidion menyatakan, pihaknya ingin memastikan stok pangan hingga lebaran.

Selain memantau langsung Pasar. Hal lain yang dilakukan tim Satgas juga memantau jalur Provinsi Riau. ''Karena ketergantungan dengan Provinsi tetangga, maka kita juga perlu memastikan jalur pendistribusian aman,'' ungkapnya.

Gidion mengatakan, upaya melakukan antisipasi, yakni berkoordinasi dengan Dinas PUPR. Agar menyiapkan alat-alat berat dititik rawan longsor.

Tak hanya itu, tim Satgas juga sudah melakukan pertemuan dengan pelaku-pelaku usaha dan rekanan Bulog. Agar bersama-sama mengamankan ketersediaan pangan di bulan Ramadhan, hingga lebaran.

Menurutnya, minggu kedua Ramadhan harga agak menengah, dan pihaknya memprediksi tren pasar murah hingga
H-7. Pihaknya akan menganalisa, apakah mau melakukan operasi pasar murah secara masif, atau stabilisasi harga.

 ''Kita akan terus berkoordinasi dengan RPK Rumah Makan Kita dan rekanan-rekanan yang sudah disiapkan Bulog,'' tutupnya. (HA)


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...