Herman Paparkan Program Menyentuh Masyarakat

Herman Paparkan Program Menyentuh Masyarakat
Herman Abdullah calon Gubernur Riau 2013-2018

KUALA ENOK (RA)- Herman Abdullah calon Gubernur Riau 2013-2018 memaparkan berbagai program unggulan yang menyentuh masyarakat. Ada pun Program tersebut yang di sampaikannya pada saat berkunjung ke Kelurahan Kuala Enok Kecamatan Tanah Merah diantaranya infrastruktur jalan, air minum, dan peningkatan perekonomian warga

Herman menyebut infrastruktur jalan bagian dari urat nadi pembangunan. Dulunya kata Herman sudah ada program pembangunan jalan dari Pekanbaru ke Kuala Enok. Tapi sampai sekarang belum terealisasi. Menurutnya, sudah seharusnya pulau-pulau di sebelah Selatan Riau saling berhubung dengan Riau daratan 

"Bila perlu bangun jalan high way dengan melibatkan konsultan dari luar negeri barangkali," paparnya. 

Selama ini yang dilakukan hanya studi banding. Padahal yang dibutuhkan sekarang adalah pembuktian. Di Riau umumnya dan Inhil khususnya, jalan ini penting. Di Inhil ini jumlah penduduk urutan ke tiga terbanyak setelah Pekanbaru dan Kampar. Sedangkan perekonomian di Inhil cukup maju. 

"Dengan bagusnya akses jalan ini akan beriringan dengan berkembangnya ekonomi masyarakat," ungkap Herman. 

Mengenai ekonomi masyarakat khususnya di Kelurahan Kuala Enok dan Kecamatan Tanah Merah juga sangat baik. Dulunya usaha pertanian kelapa hibrida sangat membantu ekonomi para petani. Namun, disayangkan sejak ada perusahaan yang mengakomodir semuanya menjadi tidak seimbang. Sebab, kelapa hibrida dibeli dengan murah yang pada akhirnya merugikan para petani. 

"Hal-hal inilah perlu dicari solusi misalnya membuat kesepakatan dengan beberapa pihak (joint bisnis) sehingga hasilnya nanti menguntungkan petani dan perusahaan," katanya. 

Herman menambahkan, di Inhil khususnya di Kuala Enok sudah dibangun pelabuhan samudra. Namun setahunya belum difungsikan. Adanya pelabuhan ini merupakan peluang besar bagi kemajuan ekonomi di Riau khususnya Inhil. 

"Dengan berfungsinya pelabuhan itu nanti, akan bisa dijadikan akses langsung untuk mengekspor kekayaan alam seperti kelapa hibrida, batu bara dan lain sebagainya sampai ke luar negeri," ucapnya. 

Keterlibatan perusahaan luar negeri itu nantinya bisa pula mendatangkan investor yang dapat diajak kerja sama agar mereka berinvastasi di daerah ini. 

"Paling tidak pelabuhan samudra itu akan membuka peluang lapangan pekerjaan bagi warga di Inhil. Itu semua tergantung itikad, kalau orang bisa, kenapa kita tidak", pungkasnya. 

# Disambut Ramah

Dalam safari ramadhan di daerah ini, Herman dan rombongan menggunakan speed boad kayu dari Tembilahan yang memakan waktu sekitar 1 jam.

Kedatangannya di daerah itu disambut warga dengan penuh keramahtamahan saat Herman turun di pelabuhan Syahbandar Kuala Enok itu.

H Herman Latif selaku tokoh masyarakat sekaligus pengurus mesjid Raya Nurul Jama'ah Tanah Merah, menyampaikan terima kasih atas kedatangan Herman Abdullah dalam rangka safari Ramadan dan shalat taraweh bersama para jemaah mesjid. 

Herman Latif berharap apa yang menjadi program Herman Abdullah yang berpasangan dengan Agus Widayat ini diridoi Allah dengan dibuktikannya nanti mereka terpilih menjadi Gubenur-Wakil Gubernur Riau 2013-2018. 

"Semoga program yang telah disusun dapat terealisasi, kita warga Tanah Merah mendukung program pak Herman Abdullah," katanya

Rls

Editor: Doni Dwi Putra

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index