Keren ! Warga Siapkan Lahan 10 Ha untuk Syamsuar Bangun Puskesmas

Keren ! Warga Siapkan Lahan 10 Ha untuk Syamsuar Bangun Puskesmas
Syamsuar bersama masyarakat pendukungnya.

Riauaktual.com - Desa Pamesi, Kecamatan Bathin Solapan, Bengkalis, jauh dari pusat kota. Tak heran jika daerah ini sedikit terisolir dibandingkan desa lainnya. Bahkan masyarakatnya kerap mengeluhkan sulitnya mendapat pelayanan kesehatan.

Pada Kampanye Dialogis calon gubernur Riau nomor urut 1 Syamsuar, Jumat (6/4/2018) lalu, di kediaman Pak Udhun, warga menyebutkan sudah ada lahan seluas 10 haktare milik masyarakat setempat yang siap dihibahkan kapan saja.

“Kalau Pak Syamsuar benar perhatian dengan pelayanan kesehatan di desa ini, kami harapkan adanya puskesmas atau rumah sakit. Lahannya untuk membangun Puskesmas atau rumah sakit sudah ada tinggal dihibahkan saja,” sebut warga yang pernah menjadi warga Kabupaten Siak.

Selanjutnya soal kepesertaan BPJS Kesehatan, ternyata masih banyak juga warga yang belum memiliki kartu pelayanan kesehatan tersebut. Baik dari Jaminan Kesehatan Nasional maupum BPJS Kesehatan Mandiri.

Beberapa kendala yang diungkapkan warga adalah ketidak pahaman mereka dengan urusan pendaftaran BPJS tersebut khususnya yang mandiri. Sehingga menggunakan jasa pihak lain yang hingga setahun tidak pernah ada kabar beritanya kapan kartu BPJS Kesehatan itu bisa diperoleh.

Menanggapi hal tersebut, calon gubernur Riau Syamsuar menyebutkan perjalanan yang ditempuhnya untuk sampai ke desa itu memang cukup jauh dari pusat kota dan jalannya cukup buruk atau belum di hotmix.

Ditambah lagi pengakuan warga tentang minimnya pelayanan kesehatan. Untuk berobat ke rumah sakit warga harus menempuh waktu hampir satu jam. Belum lagi harus mencari tumpangan mobil warga setempat dengan biaya rental.

“Perlu di Desa ini ada Puskesmas, jadi kalau masyarakat sakit dan harus rawat inap sudah bisa di Puskesmas. Jika lahannya luas itu bisa kita tingkatkan jadi Rumah Sakit tipe D seperti yang sudah kita buat di Perawang,” kata Syamsuar.

Selain itu, sambuang Syamsuar, di Kabupaten Siak saat ini sudah banyak peningkatan pelayanan kesehatan. Mulai dari alarm persalinan, elektronik puskesmas, dan berbagai inovasi baru lainnya untuk pelayanan kesehatan. (*)

 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index