DR Firdaus Janji Tuntaskan Pembangunan Ruas Gurun Panjang- Bukit Kerikil

DR Firdaus Janji Tuntaskan Pembangunan Ruas Gurun Panjang- Bukit Kerikil

Riauaktual.com - Calon Gubernur Riau, DR Firdaus ST, MT memastikan akan menyelesaikan pembangunan ruas jalan yang menghubungkan wilayah Gurun Panjang, Kota Dumai  hingga Bukit Kerikil, Bengkalis.
    
Komitmen dan janji tersebut disampaikan Firdaus saat disambut warga Gurun Panjang dalam kampanye dialogis, Ahad (1/3/2018) petang lalu.
    
Bahkan, Firdaus mengungkapkan penyelesaian ruas jalan yang menghubungkan dua wilayah perbatasan antara Bengkalis dan Kota Dumai tersebut akan menjadi prioritas bila dipercaya kelak memimpin Provinsi Riau.
    
''Saya termasuk yang mengerjakan pembangunan ruas jalan ini. Memang ada sedikit lokasi rawa dalam yang belum tuntas dikerjakan saat itu. Harusnya sudah selesai semenjak beberapa tahun lalu. Ternyata belum diselesaikan ya? Baik, ini masuk dalam prioritas kita. Doakan Allah ridho dan kita segera selesaikan,'' ungkap Firdaus.
    
Dijelaskan dia, pengerjaan ruas jalan tersebut memang melintasi dua wilayah, yakni Dumai-Bengkalis. Karena melintasi dua daerah, otomatis penganggarannya  harus melalui pemerintah Provinsi Riau. Idealnya, itu sudah selesai, palagi  hanya berkisar 5 kilometer, itu tidak terlalu panjang dan bisa segera dilaksanakan.
    
''Mudah-mudahanlah, ini prioritas kita untuk diselesaikan. Karena, idealnya bila  akses ini tembus bisa memudahkan masyarakat dalam memasarkan hasil pertanian sekaligus juga mempersingkat jarak tempuh warga melintas menuju pusat kota Dumai maupun Kawasan Industri Dumai,'' imbuh Firdaus lagi.
    
Penyediaan infrastruktur termasuk sarana jalan memang menjadi salah satu program yang diprioritaskan DR Firdaus-Rusli Effendi. Program ini masuk dalam  pengembangan JALITA (Jalan, Listrik dan air bersih).
    
Selain persoalan jalan, warga setempat juga meminta perhatian dari pemerintah  provinsi Riau untuk pengembangan fasilitas gedung SMK Negeri 7 Dumai yang dulunya merupakan kelas jauh dari SMK Negeri 3 Dumai.
    
''Anak-anak kami sudah bisa sekolah di sini. Tapi dengan perkembangan dan pertambahan jumlah siswa, dua lokal yang ada tidak lagi memadai untuk menampung. Untuk itulah, kami berharap kalau Pak Firdaus terpilih kelak, disini agar  dibantu penambahan fasilitas pendidikan, khususnya SMA dan SMK,'' ungkap salah  seorang tokoh.
    
Menanggapi permintaan tersebut, Firdaus pun menyetujui. Bahkan, tak hanya ruangan, Firdaus juga berharap bisa menyediakan Sekolah kejuruan yang sesuai  dengan kebutuhan masyarakat setempat yang mayoritas adalah pekebun sawit dan petani.
    
Selain itu, salah seorang tokoh lainnya, James Harahap meminta bantuan Firdaus bila terpilih kelak untuk memastikan status lahan yang mereka garap.
    
''Sejauh ini Pak, kami masih kesulitan untuk mendapatkan surat menyurat atas  lahan kami ini. Katanya masalah RTWR, yah, karena itu urusannya di pemerintah,  kami mohon Bapak juga bisa membantu warga kami di sini bisa mendapatkan surat  menyurat yang sah atas tanah,'' ungkap Harahap yang diaminkan Firdaus.
    
''Masalah RTRW memang menjadi kewenangan pusat, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Kementerian Agraria dan Tata Ruang. Sejauh ini memang belum tuntas pengesahannya. Tapi, mengingat kawasan ini sudah menjadi perkampungan dan ada aktivitas penduduk, kita akan perjuangkan agar ada pelepasan kawasan untukwilayah Gurun Panjang ini. Minimal kita akan upayakan supaya status lahan masyarakat jelas dan pasti,'' jawab tokoh visioner itu. (*)

 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index