Bangkitkan Ekonomi Kuala Enok, Firdaus-Rusli akan Hidupkan Pelabuhan Samudera Kuala Enok

Bangkitkan Ekonomi Kuala Enok, Firdaus-Rusli akan Hidupkan Pelabuhan Samudera  Kuala Enok

Riauaktual.com - Calon gubernur Riau nomor urut 3, Dr Firdaus ST,MT- Rusli Effendi melakukan kampanye dialogis di Kuala Enok, Kecamatan Tanah Merah, Indragiri  Hilir, Sabtu (24/3/2018) kemarin.
    
Di wilayah strategis yang sempat dipersiapkan oleh pemerintah Provinsi Riau dan  pemerintah pusat sebagai salah satu kawasan ekonomi khusus zona pertanian itu,  berjanji, akan mengembalikan kejayaan Kuala Enok dan membangkitkan potensi  ekonomi warga.
    
Kuala Enok, dulu diperuntukkan sebagai zona ekonomi khusus di pesisir Indragiri.  Kawasan ini strategis karena berbatasan dengan beberapa daerah terbuka di Selat  Malaka. Karena itulah, dulu sudah didirikan pelabuhan samudera Enok.
    
Pihaknya sendiri tidak mengetahui persis apa yang menjadi kendala. Namun, dalam  perencanaan dan perancangan kawasannya, dia ada dan menjabat sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum.
    
''Kawasan ini pernah dipersiapkan menjadi pelabuhan samudera di seberang sana.   Disana, kapal-kapal besar akan bersandar untuk mengangkut hasil pertanian dan  arus barang lainnya. Hanya saja, sejauh ini, pelabuhan itu belum berfungsi  sebagaimana diharapkan. Masih terkendala pada kewenangan Kementerian Perhubungan,'' kenang Firdaus.
    
Karena itulah, dia berencana melanjutkan kembali kejayaan kawasan pelabuhan  samudera di Kuala Enok ini sehingga bisa kembali membangkitkan perekonomian  masyarakat.
    
''Sebenarnya ini koordinasinya ada pada Pemerintah Provinsi dan berkoodinasi dengan Kementerian Perhubungan. Hanya saja, sejauh ini, hal tersebut masih belum selesai. Itu yang akan kita coba bangkitkan kembali. Kita akan buka pintu untuk   investor, sehingga bisa membuka lapangan pekerjaaan,'' lugas Firdaus.
    
Dalam kesempatan berada di Tanah Merah ini, Firdaus banyak mendengarkan keluh  kesah masyarakat, khususnya terkait dengan persoalan prasarana jalan yang   menghubungkan kawasan Enok dengan wilayah lainnya.
    
''Ya, saya mendengarkan. Insha Allah, bila dipercaya dan Allah Ridho, kita akan benahi kembali permasalahn ruas jalan ini,'' ungkap Firdaus.
    
Dijelaskan dia dahulunya, sekitar 12 tahun yang lalu, Pemerintah Provinsi Riau  juga sudah membangun ruas jalan dari Sungai Akar menuju Bagan-Jaya, lantas Bagan  Jaya menuju Enok-kuala enok. Kita akan buka akses masyarakat menuju daerah- daerah terdekat, sehingga tidak mutlak hanya bisa ditempuh menggunakan kapal saja, tapi juga bisa diakses melalui jalur darat.
    
''Bila dipercaya nanti, Pemprov Riau bersama menemui Kementerian Perbubungan  kita akan coba buka kembali akses ekonomi di kawasan ini,'' ungkap Firdaus.
    
Sepanjang acara di Enok, cukup banyak masukan yang diberikan masyarakat kepada Dr Firdaus MT. Mereka pun berdoa dan menharapkan Firdaus bisa memimpin Riau.
    
''Kami mendoakan, semoga Bapak bisa terpilih memimpin Riau. Karena kami yakin,  Pak Firdaus cukup mengenal wilayah Indragiri Hilir, termasuk diantaranya wilayah  perairan Enok yang masih memerlukan banyak sekali dukungan peran dari pemerintah Provinsi Riau,'' ungkap salah seorang warga.
    
Dalam kesempatan itu juga, salah seorang tokoh masyarakat sempat mengungkapkan  keluh kesahnya tentang semakin sempitnya lapangan pekerjaan di Kuala Enok pasca   hengkangnya 3 dari 4 perusahaan yang sebelumnya sempat hidup di Kuala Enok dan  ikut berkontribusi pada terbukanya lapangan pekerjaan.
    
''Tapi sekarang perusahaan itu sudah tak lagi ada. dari empat, 4 sudah keluar  dan akibatnya, banyak warga Kuala Enok juga memeutuskan bekerja ke luar daerah.  Dari sebelumnya berjumlah 24.000 kepala keluarga, sekarang menyusut hingga  tinggal 14.000 saja. Hal tersebut salah satunya terdampak karena sulitnya mendapatkan pekerjaan. Mudah-mudahan dengan kehadiran Pak Firdaus ke Enok ini  bisa membawa perubahan menjadi lebih baik lagi bagi kami,'' ungkap Hasan, salah seorang warga lainnya. (*)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index