Bahaya Cuci Motor Sepulang Kerja

Bahaya Cuci Motor Sepulang Kerja
Helmi/GridOto. Ilustrasi cuci motor

Riauaktual.com - Musim hujan seperti saat ini, intensitas motor menjadi kotor sangat tinggi. Hal itu juga yang membuat kegiatan mencuci motor menjadi sangat sering.

Tapi, ternyata ada dampak dari mencuci motor. Kebiasaan yang perlu dihindari yakni membersihkan atau mencuci motor saat keadaan mesin masih panas, atau bahkan pulang kerja sebelum ke rumah, cuci motor dulu, harus memperhatikan hal berikut ini.

Syamsuddin, Kepala Mekanik Bengkel AHASS Murni Pura Mas, Depok, mengatakan bahwa dampak paling fatal cuci motor saat kondisi mesin masih panas, yakni blok mensin bisa retak.

"Tanda awal yang paling mudah dilihat kalau mulai ada bercak atau bagian yang mengelupas," tutur Syamsuddin seperti dikutip dari Kompas.com, Kamis (15/3/18).

Tanda itu sebagai akibat dari penurunan suhu yang drastis. Syamsuddin juga melanjutkan bahwa hal itu tak langsung terjadi. Tapi bisa muncul jika dilakuan terus menerus.

Syamsuddin menyarankan, hindari kebiasaan buruk mencuci motor dalam keadaan suhu tinggi agar mesin tetap awet. Jika ingin mencuci tapi motor sehabis dipakai berjalan, ada baiknya tunggu dulu sekitar 15-30 menit agar suhu menurun dengan sendirinya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index