Manfaat Main Futsal Setara Lari dan Zumba, Baik untuk Kesehatan Jantung

Manfaat Main Futsal Setara Lari dan Zumba, Baik untuk Kesehatan Jantung
Ilustrasi (shutterstock)

Riauaktual.com - Peneliti kembali menemukan manfaat bermain futsal. Tak hanya menyenangkan, olahraga ini baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Penelitian ini dilakukan oleh Peter Krustrup dari University of Southern Denmark.

Menurut Peter olahraga yang digemari banyak orang ini memberikan manfaat yang sama dengan lari dan zumba. Di mana rutin bermain bola dapat membuat kadar kolesterol lebih rendah, tekanan darah terjaga serta denyut jantung saat istirahat menjadi lebih baik.

"Main bola bermanfaat untuk semua orang dari berbagai kalangan, jenis kelamin, usia hingga kebugaran. Tak perlu punya teknik yang hebat, main bola untuk rekreasional saja sudah memiliki manfaat baik," kata Peter.

Penelitian ini menganalisis 31 jurnal yang melihat manfaat olahraga sepakbola terhadap tekanan darah, denyut jantung saat istirahat dan kadar kolesterol. Hasilnya menunjukkan, tekanan darah orang yang main bola lebih baik dibandingkan yang tidak sama sekali.

Bermain bola juga terbukti dapat menurunkan tekanan darah pengidap hipertensi dengan tekanan darah 11 mmHg. Denyut jantung mereka juga lebih baik saat istirahat, yaitu 6 denyut per menit lebih lambat. Kadar kolesterol dan lemak tubuh juga lebih rendah serta kemampuan melompat lebih baik.

Sepak bola bisa menjadi alternatif bagi mereka yang enggan mengunjungi gym untuk berolahraga. Namun, banyak jenis olahraga lainnya yang bisa memberikan manfaat baik bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah.

"Sepakbola adalah olahraga yang sangat populer, murah, dan mudah dilakukan. Peraturannya pun tidak rumit, dan siapa saja bisa memainkannya," papar Andre Seabra, pakar kedokteran olahraga dari University of Porto seperti dilansir dari Reuters.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index