Ilustrasi (Foto: Hotelbusiness)

Hati-hati saat Sambungkan Gadget ke Jaringan Wi-Fi di Hotel

Rabu,14 Maret 2018 - 00:38:30 WIB Di Baca : 1958 Kali

Riauaktual.com - DI zaman sekarang ini, tak bisa dipungkiri lagi jika Wi-Fi gratis menjadi incaran banyak orang. Bahkan beberapa orang tak segan meminta password agar bisa mengakses aplikasi favoritnya. Salah satu tempat untuk mendapatkan Wi-Fi gratis adalah hotel. Tapi tahukah Anda bila cara itu sebenarnya tidak dianjurkan?

Sebuah laporan mengungkapkan jika para peretas liburan biasanya mencuri data pribadi para tamu hotel menggunakan WI-Fi palsu. Melansir News, Selasa (13/3/2018), kejadian semacam itu sangat mudah terjadi di Amerika Serikat. Dengan menggunakan Wi-Fi palsu penjahat siber akan mengambil informasi tentang kartu kredit melalui ponsel yang terhubung.

Cara yang dilakukan oleh para peretas adalah memberi nama Wi-Fi yang hampir sama dengan Wi-Fi resmi dari hotel. Sekarang ini memang tak sedikit orang yang langsung menyambungkan ponselnya ke koneksi yang tersedia tanpa benar-benar memerhatikan keasliannya. Begitu ponsel terhubung, para peretas akan mulai memata-matai tamu hotel dengan cara melihat rincian pembelian dan penerbangan dengan kartu kredit serta informasi perbankan terkait.

Kejahatan dengan cara ini tentu merugikan para wisatawan. Akhir tahun lalu, seorang pria telah mengalami kerugian hingga $ 155.000 atau setara dengan Rp2,1 miliar karena peretas berhasil membobol informasi kartu kreditnya melalui sambungan Wi-Fi palsu di restoran.

Bila Anda tidak ingin mengalami nasib yang sama, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Pertama, jangan sambungkan ponsel ke Wi-Fi ketika hendak melakukan pembelian dengan kartu kredit secara online. Gunakanlah data selular untuk transaksi yang lebih aman.

Kedua, ingatlah untuk selalu “melupakan jaringan” Wi-Fi saat Anda hendak meninggalkan hotel. Langkah ini berguna untuk menghindari sambungan otomatis saat kembali. Anda bisa juga mematikan fitur sambung otomatis di pengaturan Wi-Fi untuk menghindari penyambungan pada koneksi yang tidak aman. Cara terpenting adalah pastikan kepada pihak hotel jaringan Wi-Fi yang bisa digunakan dan keamanannya terjamin.

Sementara itu, langkah di atas mungkin tidak hanya berlaku untuk di hotel saja. Di tempat umum pun saat Anda melihat koneksi Wi-Fi yang tidak dikenal jangan langsung menyambungkannya dengan ponsel. Sebab risiko yang terjadi bisa lebih merugikan dibanding mendapatkan akses gratis.

 


Sumber : okezone.com


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...