ISPU Rusak, BLH Klaim Kabut Asap Belum Berbahaya

ISPU Rusak, BLH Klaim Kabut Asap Belum Berbahaya
ISPU Didepan Kantor Wako Rusak

PEKANBARU (RA)- Pekatnya kabut  asap pada Rabu (27/6), di udara Kota Pekanbaru. Di klaim oleh Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Pekanbaru belum berbahaya.

Bahkan saat di konfirmasi siangini, indeks standar pencemar udara atau disingkat (ISPU) Kota Pekanbaru hanya tercatat diangka 55. Data ini adalah data ISPU tercatat Rabu sore, sementara untuk data ISPU Kamis belum tercatat di BLH kota Pekanbaru.

"Dari stasiun pemantau udara MBN Air Quality Monitoring Sistem  ISPU hari ini 55, kondisi ini sedang," ungkap Jasmiaty, Kabid Pengendalian Pencemaran BLH kota Pekanbaru.

Ia menjelaskan tampilan ISPU saat ini sedang rusak, sehingga pengambilan data dilakukan manual. Diakuinya data yang di tampilkan berubah sekali 24 jam, sementara data pantauan dilakukan persetengah jam. Namun berhubung alat dari stasion ke regional rusak sehingga pengambilan data dilakukan manual.

"Sehingga kalau ingin tahu kondisi asap pagi ini (Rabu ..red) baru di dapat besok, karena kita masih harus mengambil data dulu ke stasion,"ulasnya.

Ia juga mengakui keterlambatan penampilan data ini di karenakan server yang di laboratorium dan alat  ISPU yang di pajang di depan Kantor Walikota rusak. Sehingga pengiriman data tampilan dari stasion tidak bisa terbaca ISPU.

Terkait bahaya kondisi asap saat ini menurutnya baru akan berbahaya jika ISPU menunjukkan angka 200. sementera untuk pengumpulan data dari tiga stasion yang ada yakni stasion Tampan, sukajadi dan Kulim, akan terakumulasi dalam 24 jam.

"kalaupun ada ketebalan asap pada pagi Kamis ini, saya tidak bisa memprediksi," tandasnya. 

Data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru, menyebutkan jumlah titik api akibat kebakaran hutan dan lahan gambut di Provinsi Riau terus meningkat menyebabkan kabut asap tidak bisa dihindari.

Staf BMKG Marzuki ketika dikonfirmasi menyebutkan tepat pukul 06.00 WIB jarak pandang untuk kota Pekanbaru 600 meter.

Sementara titik api di Riau hari ini Rabu (27/6) terdapat 81 titik api dan terbanyak berada di wilayah kabupaten Pelelawan 30 titik serta kampar 15 titik. Dari data BMGK juga menyebutkan kota Pekanbaru yang beberapa hari lalu tidak terdapat titik api justru kini terdapat 1 titik api. (RA5)

Berita Lainnya

View All