Tim Satgas Karhutla Provinsi Riau, saat menggelar apel siaga darurat penanggulangan karhutla di halaman Kantor gubernur Riau, Kamis (8/3/2018). Foto IG

Tim Satgas Gelar Apel Siaga Penanganan Karhutla di Riau

Kamis,08 Maret 2018 - 10:53:47 WIB Di Baca : 3694 Kali

Riauaktual.com - Tim Satgas kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Provinsi Riau, menggelar apel siaga penanganan karhutla di halaman kantor gubernur Riau, Kamis (8/4/2018).

Tim Satgas yang mengikuti apel ini, terdiri dari, TNI, Polri, BPBD, BBKSDA, Dinkes, Satpol PP, Manggala Agni, Masyarakat Peduli Api (MPA), Damkar, Perusahaan RAPP, Sinarmas dan lainnya.

Selain petugas, beberapa peralatan pemadam turut ditunjukkan seperti, mesin pompa air, mobil damkar, dua helikopter dan sebagainya.

Plt Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim mengatakan, apel pasukan ini dilakukan sebagai bentuk kesiapan dalam melakukan pencegahan karhutla Provinsi Riau.

"Karhutla adalah tanggung jawab kita bersama. Melalui apel gabungan ini, kita siap mengatasi karhutla tersebut," kata Wan Thamrin.

Dia berharap, seluruh pasukan yang terlibat dalam apel siaga ini betul-betul bersinergi terhadap pencegahan karhutla di Riau, sehingga Riau bebas dari bencana kabut asap.

Sementara itu, Dansatgas Karhutla Provinsi Riau, Kolonel Inf Sonny Aprianto, meminta kepada kepada seluruh satgas agar berupaya semaksimal mungkin untuk dapat mencegah terjadinya karhutla.

"Beberapa hari yang lalu, saya bersama Kalaksa BPBD (Edwar Sanger) melaksanakan patroli melalui udara, saya menemukan ada lahan yang terbakar dan itu berada didekat pemukiman warga. Saya langsung perintahkan Kodim Dumai untuk segera memadamkannya dan berkordinasi dengan Polres serta instansi lainnya," kata Sonny.

Danrem 031/Wira Bima ini, menyampaikan bahwa apabila
ada unsur kesengajaan pembakaran hutan dan lahan, maka harus ditangkap dan diproses secara hukum.

Disamping itu, lanjut Sonny, pada bulan Agustus 2018 mendatang, akan diadakan perhelatan olahraga tingkat Internasional yakni Asean Games di Indonesia.

"Pada perhelatan ini, wilayah Provinsi Riau menurut BMKG akan mengalami puncaknya kemarau. Jadi kita harus waspada terhadap karhutla dan mencegahnya," ucap Sonny.

Oleh karena itu, dia mengajak seluruh petugas yang tergabung dalam satgas, untuk bersama-sama mencegah terjadinya Karhutla di Provinsi.

Upacara gelar pasukan satgas Karhutla di ambil langsung oleh Plt Gubri H.Wan Thamrin Hasyim, dengan Dandim 0301/Pku sebagai Komandan upacara.

Upacara gelar pasukan ini di ikuti oleh TNI, Polri, BPBD, BKSDA, Dinkes, Dishub, PMI, Basarnas, RPK RAPP dan Sinar mas, manggala agni, dengan menggelar alat dan saran kesiapan Satgas Penanggulangan Karhutla. (IG) 

 


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...