45 Orang Anggota DPRD Pekanbaru Ikuti Bimtek Pengelolaan Keuangan di Magelang

45 Orang Anggota DPRD Pekanbaru Ikuti Bimtek Pengelolaan Keuangan di Magelang

Riauaktual.com - Seluruh anggota DPRD Pekanbaru yang berjumlah 45 orang melaksanakan Bimbingan Teknis Implementasi Kebijakan Non Tunai dalam Pengelolaan Keuangan DPRD di Magelang, Jawa Tengah. Bimtek tersebut dimulai sejak Senin (26/2) yang lalu dengan pemateri Ikhsan Dirgahayu MAP serta Eko Suseno HRM SE MM.

Disebut Ketua DPRD Pekanbaru Sahril SH, Bimtek ini dalam dilakukan guna memaksimalkan kebijakan yang berlaku saat ini dan tuntutan era globalisasi. Sebagai representasi dari masyarakat, tambahnya, tentu anggota DPRD dituntut untuk memiliki kompetensi yang handal serta berwawasan luas. Dalam materi yang disampaikan, Ikhsan Dirgahayu menjelaskan bahwa pembayaran non tunai bagi daerah bisa dilakukan secara bertahap sesuai dengan kemampuan daerah masing-masing.

"Transaksi non tunai bagi daerah dilakukan secara bertahap bagi dan disesuaikan dengan kemampuan daerah seperti Pekanbaru sudah memulai untuk belanja tidak langsung seperti gaji dan nanti bisa ditingkatkan untuk yang lain," tegasnya.

Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Sigit Yuwono ST dalam kesempatan itu mengatakan, bahwa dengan Bimbingan Teknis ini DPRD pendapatkan pelajaran yang sangat bearti terutama mengenai Pokok Pikiran DPRD yang menjadi dasar untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat.

"Selama ini kita di DPRD selalu melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) setelah resses. Akibatnya, banyak pokok-pokok pikiran yang tidak tertampung di APBD, ini yang akan kita ubah. Kedepan, resses dulu baru Musrenbang, sehingga aspirasi masyarakat bisa kita masukkan menjadi pokok-pokok pikiran dan tidak ada lagi aspirasi masyarakat yang tidak tertampung," pungkasnya. (don)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index