Ada KK Gratis Saat HUT Pekanbaru Ke-229

Ada KK Gratis Saat HUT Pekanbaru Ke-229
ilustrasi (int)

PEKANBARU, RiauAktual.com - Kalau tahun-tahun yang lalu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Didukcapil) Kota Pekanbaru memberi akte gratis bagi keluarga miskin, maka dalam rangka Hari Ulang tahun (HUT) Kota Pekanbaru yang ke-229 Juni mendatang Disdukcapil juga akan menambah program Kartu Keluarga (KK) gratis bagi keluarga kurang mampu di Kota Pekanbaru.

Sekretaris Disdukcapil Hermanto, saat di konfirmasi Senin (15/4) membenarkan selama ini belum pernah ada pemberian KK gratis. "Jadi ini ide bagus dan bisa jadi usulan kita ke walikota. Terutama menjelang pemberlakuan E-KTP di akhir tahun 2013 ini sangat membantu keluarga kurang mampu," ujar Hermanto.

Menurut Hermanto, setiap tahun akte gratis bagi keluarga tak mampu terus diberikan. Tetapi KK gratis belum pernah ada. "Kk gratis memang belum pernah kita buat. Mungkin program Kepala Dinas baru ini akan kita perlukan. Semacam pemutihan. Ini satu saran yang baik. Mungkin per-kecamatan 2 orang sehingga kalau ada 12 kecamatan maka akan ada 24 KK gratis nantinya," tandasnya.

Terkait akte gratis ia menambahkan, Disdukcapil akan mengajukan persetujuan walikota. Karena akte gratis yang akan diberikan tidak dibatasi usia, sehingga butuh proses sidang.

"Kita akan surati camat untuk mencari orang-orang yang kurang mampu. Wacananya kita minta pentujuk ke walikota, apakah ini perlu ada SK agar ini tidak jadi masalah. Karena akte gratis yang akan diberikan tidak ada batasan usia. Akan tetapi benar-benar keluarga tidak mampu," ujarnya.

Laporan: VR
Editor: Riki

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index