Pemko Pekanbaru Gandeng BPKP Untuk Pengawasan Penggunaan Anggaran

Selasa,23 Januari 2018 - 18:02:05 WIB Di Baca : 2980 Kali

Riauaktual.com - Sebagai upaya agar penggunaan dan penyusunan laporan keuangan Pemko Pekanbaru tidak bertentangan dengan aturan. Pemko Pekanbaru menggandeng BPKP RI Perwakilan Riau untuk memberikan saran dan petunjuk.

Kepala BPKP RI Perwakilan Riau, Dikdik Sadikin, ketika ditemui, Selasa (23/1) dikantor Walikota mengatakan bahwa pihaknya disini untuk memberikan pendampingan berupa pengawasan penggunaan anggaran kepada Pemko Pekanbaru. Sehingga penggunaan anggaran sesuai aturan yang berlaku.

"Pengawasan yang diberikan oleh BPKP ini harus dimulai sejak awal anggaran dan tidak sama dengan BPK yang melakukan pemeriksaan setelah anggaran digunakan," ungkapnya.

Dikdik juga menambahkan, dalam pendampingan dan pengawasan yang dilakukan, pihak BPKP meminta Pemko Pekanbaru untuk jujur dan tidak ada yang disembunyikan.

“Yang terpenting jangan ada dusta diantara kita, Pemko Pekanbaru terbuka kepada kami. Sehingga kami lebih mudah memberikan arahan dan pengawasan. Namun kalau ada yang disembunyikan, kami pun tidak bisa berbuat banyak ketika hal itu, menjadi temuan BPK,” jelas Dikdik.

Menurut Dikdik, tidak semua pemerintah daerah bisa mendapatkan pendampingan dari BPKP RI. Hal ini tergantung permintaan Kepala Daerahnya.

“Tergantung pemerintah daerahnya, kalau minta didampingi. Maka akan kitabantu,” tambahnya.

Dikdik juga meyakinkan, dengan adanya arahan dan pengawasan penggunaan di awal tahun anggaran ini. Maka dapat memberikan kesempatan bagi Pemerintah Daerah untuk meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian atau WTP dari BPK.

Ditempat yang sama, Walikota Pekanbaru, Firdaus menyatakan bahwa pihaknya sangat bersyukur akan adanya bantuan pendampingan dari BPKP RI untuk Pemko Pekanbaru. Karena dengan itu, tertib administrasi dan penggunaan keuangan akan lebih terarah dan terukur sesuai dengan aturan.

“Ini bukan berarti selama ini tertib administrasi keuangan kita belum berjalan, namun dengan adanya pendampingan dari BPKP tentu akan lebih sempurna,” tutupnya. (saf)


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...