KM Safitri Tenggelam, Seribu Karung Beras dan Ratusan Karung Sembako Lainnya Hanyut

KM Safitri Tenggelam, Seribu Karung Beras dan Ratusan Karung Sembako Lainnya Hanyut
Riauaktual.com - KM Safitri yang dinakhodai oleh Zainal (31 tahun), warga Kelurahan Teluk Pinang Kecamatan Gaung Anak Serka, dengan 2 orang ABK, tenggelam saat sandar di Dermaga Sungai Piring Kecamatan Batang Tuaka Kabupaten Indragiri Hilir, Rabu pagi, 10/1/2018, sekira pukul 06.00 WIB.
 
Akibat kejadian tersebut, muatan kapal yang terdiri dari sembako dan makanan ringan lainnya, hanyut dan tenggelam ditelan Perairan Sungai Indragiri.
 
Kapolres Indragiri Hilir AKBP. Christian Rony, S.I.K., M.H., melalui Kasat Polairud Polres Indragiri Hilir AKP. H. Awaluddin Dalimunthe, membenarkan adanya kejadian tersebut. "Kapal tenggelam saat bertambat", tutur AKP. Awaluddin.
 
Lebih jauh, Kasat menceritakan kronologis kejadian berawal saat KM Safitri, dengan Nakhoda Zainal, dan 2 orang ABK masing - masing Zaki, Ahmad, sekira pukul 01.00 WIB, berangkat dari Tembilahan, menuju Teluk Pinang.
 
Setelah berlayar selama lebih kurang 2 jam, sekira pukul 03.00 WIB, Nakhoda memutuskan untuk singgah dan istirahat di Dermaga Sungai Piring. Tak lama istirahat, sekira pukul 05.30 WIB, saksi Agus, warga Sungai Piring, yang kebetulan lewat di TKP, melihat haluan kapal, sudah tersangkut di dermaga, dikarenakan air dalam keadaan pasang.
 
Agus lalu membangunkan awak kapal, namun haluan kapal mulai tenggelam dan akhirnya karam, sehingga menyebabkan muatan yang dibawa, diantara 1.000 karung beras dan 500 karung, ikut tenggelam dan hanyut.
 
Personel Sat Polairud dan Polsek Batang Tuaka yang mendapat informasi, segera mendatangi TKP dan mengevakuasi barang muatan yang masih bisa diselamatkan. Tidak ada korban jiwa atau pun luka dalam kejadian ini, namun kerugian akibat muatan yang hanyut dan hilang diperkirakan mencapai 2 Milyar rupiah. (Wan)
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index