Coba Akal-akalan Beli Mobil di Akhir Tahun

Coba Akal-akalan Beli Mobil di Akhir Tahun
Photo : ANTARA FOTO/Rosa Panggabean Ilustrasi STNK di Jakarta.

Riauaktual.com - Akhir tahun kerap dianggap waktu yang tepat oleh beberapa orang untuk membeli mobil baru. Alasan utamanya, banyak promo yang ditawarkan oleh diler-diler resmi.

Potongan harga yang ditawarkan terkadang sangat menggiurkan. Alasannya, diler harus menghabiskan stok unit lama, karena unit dengan tahun produksi baru segera datang dari pabrik.

Bahkan, terkadang ada unit yang diberi potongan harga sangat murah, karena diproduksi dua tahun lalu. Hal ini pernah terjadi pada Nissan Evalia.

Terkait tahun pembuatan, ada beberapa konsumen yang meminta pihak diler untuk mendaftarkan balik nama kendaraan yang dibeli pada tahun berikutnya. Hal itu dilakukan agar saat surat-surat selesai, tahun yang tertera di surat tanda nomor kendaraan atau STNK lebih baru dari tahun produksi.

Dengan cara ini, pemilik berharap jika suatu saat mobil dijual kembali, nilainya tidak terlalu turun. Meski demikian, cara ini tidak sepenuhnya efektif.

"Konsumen biasanya minta supaya surat-suratnya dibikin tahun berikutnya. Tapi jangan salah, meski STNK-nya 2018, pada kolom tahun produksi mobil akan tetap ditulis 2017. Ini mengikuti Vehicle Identification Number-nya," kata salah seorang sales dari diler resmi Toyota, Maria sebagaimana dikutip dari VIVA.co.id.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index