Kepala BKD Riau Tinjau Langsung Pelaksanaan Hari Pertama Saringan Masuk IPDN

Kepala BKD Riau Tinjau Langsung Pelaksanaan Hari Pertama Saringan Masuk IPDN

RIAU (RA)- Untuk memastikan kelancaran pelaksanaan tes Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) hari ini Selasa (19/6) Kepala Badan kepegawaian daerah (BKD) Riau, Zaini Ismail, meninjau langsung tes saringan hari pertama yang bertempat di SMAN 9 kota Pekanbaru.

Dari data keseluruhan yang mendaftar seluruh kabupaten/kota di Riau ada sebanyak 619 peserta, namun ada yang tidak lulus administrasi sebanyak 4 orang dan yang tidak mendaftar ulang 52 orang, jadi ada total yang mengikuti tes sebanyak 563 orang. 

Dikatakan Zaini, syarat untuk mendaftar di antaranya, warga negara RI, berijazah SMU semua jurusan atau Madrasah Aliyah (MA). Kemudian nilai mimimal rata-rata 7,00 yang dibuktikan dengan fotokopi ijazah/STTB yang dilegalisir/disyahkan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi/kabupaten/kota bagi sekolah swasta, atau kepala sekolah bagi sekolah negeri dan kepala kantor departemen agama bagi MA. 

Selanjutnya, berkelakuan baik yang dinyatakan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian dari Kepolisian setempat, berbadan sehat, tidak cacat jasmani dan rohani, tidak bertato/bekas tato dan tidak buta warna. Dalam hal berkacamata diberikan toleransi maksimal plus/minus 1,0 dan tidak menggunakan kontak lensa. 
Persyaratan lainnya, tinggi badan 160 centi meter (cm) untuk pria dan 155 cm untuk wanita. Belum pernah menikah/kawin/hamil/melahirkan yang dinyatakan dengan surat keterangan dari kepala desa/kelurahan setempat, bebas dari narkoba yang dibuktikan dengan surat keterangan. 

Zaini juga menjelaskaan, masa tes berlangsung hingga lima hari kedepan. Seleksi dilakukan dengan sistem gugur yaitu "para peserta baru berhak mengikuti tes berikutnya apabila telah dinyatakan lulus pada tes sebelumnya," ujarnya. (RA11)

Berita Lainnya

View All