Selain Belanda, 4 Negara Besar Terancam Gagal Lolos ke Piala Dunia 2018

Selain Belanda, 4 Negara Besar Terancam Gagal Lolos ke Piala Dunia 2018
foto : okezone

Riauaktual.com - Gelaran Piala Dunia 2018 Rusia terancam tanpa kehadiran salah satu kekuatan dunia, yakni Belanda. Pasalnya tim berjulu Orenje tersebut saat ini masih berkutat di posisi ketiga pada tabel klasemen sementara Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa.

Kans Belandan untuk tampil di pesta sepakbola terakbar empat tahunan tersebut memang masih terbuka, walau pun kecil. Sebab Arjen Robben dan kawan-kawan diwajibkan menang di dua laga tersisa melawan Belarusia dan Swedia.

Namun bukan hanya Belanda saja yang bernasib sial di kualifikasi Piala Dunia 2018 Rusia. Setidaknya terdapat empat Negara besar yang juga terancam hanya menyaksikan seluruh gelar Piala Dunia 2018 Rusia melalui televisi.

1. Amerika Serika (Zona CONCACAF)

Dalam berberapa tahun terakhir, Amerika Serikat (AS) memang menjadi Negara terkuat di Zona CONCACAF atau Amerika Utara dan Tengah. Hal tersebut terbukti dengan tak pernah absennya AS dari perhelatan Piala Dunia sejak edisi 1990 hingga 2014.

Namun untuk kali ini, performa AS memang terbilang jauh dari kata memuaskan. Mereka masih menempati urutan keempat pada tabel klasemen sementara Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona CONCACAF.

Namun dengan tersisa dua pertandingan lagi,  AS masih memiliki kans besar untuk lolos ke Rusia pada tahun depan. Tapi jika posisinya tak beranjak dari posisi keempat, mereka masih bisa lolos ke Piala Dunia 2018 melalui jalur playoff.

2. Cile (Zona CONMEBOL)

Berstatus sebagai juara Copa America dalam dua tahun terakhir, cukup aneh melihat Cile kalah bersaing dengan sejumlah tim di Zona CONMEBOL untuk menjadi salah satu peserta di gelaran Piala Dunia 2018 Rusia.

Akan tetapi kenyataannya memang seperti itu. Cile saat ini masih berada di urutan keenam dengan raihan 23 poin atau terpaut satu poin dari Peru yang menghuni posisi keemat (batas akhir untuk lolos langsung ke Piala Dunia 2018).

Dengan masih ada dua pertandingan lagi, Cile masih memiliki kans untuk mentas di Piala Dunia Rusia 2018. Namun jika melihat dua laga teranyar mereka, yang mana salah satunya melawan Brasil, banyak yang pesimis Alexis Sanchez dan kawan-kawan bakal berada di Rusia tahun depan.

3. Wales (Zona UEFA)

Wales memang tampil sebagai tim kejutan dalam gelaran Piala Eropa 2016 Prancis dengan sukses menembus babak semifinal, sebelum akhirnya disingkirkan Portugal. Dengan keberhasilan itu, banyak yang percaya mereka bakal melakukan hal sama ketika melakoni babak Kualifikasi Piala Dunia 2018 Rusia Zona Eropa.

Akan tetapi prediksi banyak kalangan tersebut meleset. Anak asuhan Chris Coleman itu gagal menunjukkan ‘sihir’ mereka dengan sementara menempati kedua di klasemen sementara Grup D Kualifikasi Piala Dunia 2018 Rusia.

Mereka sebenarnya bisa saja tetap berlaga di Rusia pada tahun depan melalui jalur playoff. Akan tetapi hal tersebut tentu saja beresiko untuk Wales. Sebab ada sejumlah tim besar yang juga berpotensi bakal tampil di playoff kualifikasi Piala Dunia 2018 Rusia.

4. Argentina (Zona CONMEBOL)

Piala Dunia 2018 Rusia tanpa kehadiran Argentina dan Lionel Messi? Tentu ini akan menjadi hal buruk untuk pecinta sepakbola. Sebab tentu saja banyak orang ingin melihat aksi-aksi Messi di Piala Dunia 2018, terlebih Piala Dunia ini mungkin menjadi yang terakhir untuk Messi.

Sebab pada gelaran Piala Dunia 2022 Qatar, Messi telah berusia 34 tahun yang mungkin ia sudah memutuskan untuk menyudahi perjalanannya bersama Timnas Argentina. Namun mimpi buruk itu nampaknya kemungkinan besar bakal terealisasi.

Pasalnya Argentina memang kesulitan untuk bisa bersaing dengan peserta lain di Kualifikasi Piala Dunia 2018 Rusia Zona CONMEBOL. Tim arahan Jorge Sampaoli tersebut sejauh ini masih berkutat di urutan kelima dengan perolehan 24 poin atau memiliki poin yang sama dengan Peru di tempat keempat (batas akhir untuk lolos langsung ke Piala Dunia 2018), hanya kalah agregat gol.

 

Sumber : okezone

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index