Malaysia Janji Tampung Rohingya yang Datang ke Negaranya

Malaysia Janji Tampung Rohingya yang Datang ke Negaranya

Riauaktual.com - Kepala Badan Aparat Kemaritiman Malaysia, Zulkifli Abu Bakar, mengatakan bahwa negaranya tidak akan mengusir Muslim Rohingya yang datang ke Negeri Jiran. Zulkifli mengatakan, Malaysia bahkan siap menampung para pengungsi Rohingya.

"Kami harus menyediakan kebutuhan dasar bagi mereka untuk melanjutkan perjalanan dan mendorong mereka pergi. Tapi pada akhirnya, karena alasan kemanusiaan, kami tidak bisa melakukannya [mengusir]," papar Zulkifli kepada Reuters, Jumat (8/9/2017).

Ia mengatakan, pemerintahnya kemungkinan akan menampung para pengungsi Rohingya di pusat penahanan imigrasi tempat orang asing tanpa dokumen biasanya ditempatkan.

Namun, Zulkifli mengatakan, hingga kini belum ada lonjakan kedatangan pengungsi baru ke negaranya.

PBB memperkirakan, sedikitnya 123 ribu warga Rohingya telah melarikan diri ke Bangladesh untuk menghindari kekerasan selama dua pekan terakhir ini.

Krisis kemanusiaan di Rakhine pun dianggap menjadi tantangan bagi kawasan karena akan berdampak pada lonjakan kedatangan pengungsi ke negara di Asia Tenggara lainnya.

Malaysia merupakan salah satu negara mayoritas Muslim yang menjadi alternatif bagi para pengungsi Rohingya untuk berlindung, selain Bangladesh dan Indonesia.

Negara yang berjarak ratusan kilometer dari Laut Andaman itu diperkirakan akan didatangi oleh perahu-perahu berisi pengungsi dari Myanmar, seiring dengan krisis kemanusiaan yang terus terjadi di negara bagian Rakhine.

Negara yang dipimpin oleh Perdana Menteri Najib Razak itu sebenarnya tidak menandatangani konvensi pengungsi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang berarti tak berkewajiban menampung pengungsi.

Namun, Malaysia sudah menjadi rumah bagi lebih dari 100.000 pengungsi Rohingya selama ini. (das/cnn)
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index