Gempa 8 SR Guncang Meksiko, Berpotensi Tsunami

Gempa 8 SR Guncang Meksiko, Berpotensi Tsunami
Ilustrasi (metrobali)

Riauaktual.com - Badan Suervei Geologi Amerika Serikat (USGS) melaporkan gempa berkekuatan 8 skala richter mengguncang selatan Meksiko pada Kamis (6/9/2017) malam dan berpotensi menimbulkan gelombang tsunami setinggi 3 meter.

Gempa dilaporkan menghantam lepas perairan Pasifik, sekitar 120 kilometer barat daya dari kota Tres Picos, negara bagian Chiapas, dan berpusat pada kedalaman 33 kilometer bawah laut.

"Berdasarkan seluruh data yang didapat, gelombang tsunami yang berbahaya diprediksi terjadi di sejumlah pantai di Meksiko," demikian pernyataan Pusat Peringatan Tsunami Perairan Pasifik, seperti dikutip AFP pada Jumat (8/9/2017).

Sejauh ini, peringatan tsunami terutama dikeluarkan untuk wilayah pantai di Meksiko, Guatemala, El Salvador, Kosta Rika, Nikaragua, Panama, Honduras, dan selatan Ekuador.

"Gelombang tsunami mencapai lebih dari 3 meter di atas permukaan laut mungkin muncul di sepanjang pantai di Meksiko dan gelombang yang lebih rendah di sejumlah pantai negara sekitar," kata lembaga itu.

Guncangan juga dilaporkan terasa di pusat Mexico City. Warga di sana sempat panik dan berhamburan keluar bangunan setelah sirine gempa berbunyi.

Gempa juga sempat terasa di sebagian besar wilayah di Guatemala yang berbatasan dengan Chiapas. Namun hingga kini, tidak ada laporan korban jiwa. (das/cnn)
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index