Sejumlah Objek Wisata Disematkan “Gembok Cinta Siak”

Sejumlah Objek Wisata Disematkan “Gembok Cinta Siak”

Riauaktual.com  – Sejumlah tempat obyek wisata di Kabupaten Siak disematkan “Gembok Cinta Siak” oleh Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Siak. Tujuannya, agar para wisatawan (pengunjung, red) yang datang ke tempat-tempat tersebut bisa mengabadikan serta mencantumkan perasaan “Cintanya” terhadap Kota Siak Sri Indrapura.

Gembok Cinta Siak yang dilounching oleh Dispar Siak itu tak hanya dipasang di sekitar Taman Tepian Sungai Jantan saja, melainkan juga dipasang di kawasan Ekowisata Taman Mangrove Kampung Mengkapan Kecamatan Sungai Apit.

Belum lama ini, bermunculan berbagai anggapan masyarakat di Media Social terkait “Gembok Cinta Siak” tersebut. Ada yang beranggapan bahwasanya gagasan membuat program Gembok Cinta Siak itu kurang sesuai dengan nilai-nilai budaya melayu yang islami. Bahkan ada yang menilai hal tersebut merupakan bagian dari budaya barat, sehingga pihak Dispar Siak diminta untuk mengevaluasi programnya yang telah diluncurkan beberapa waktu lalu itu.

Menurut Kepala Dispar Siak, H Fauzi Asni, secara bahasa sebenarnya kalimat “Gembok Cinta Siak” memiliki makna yang mudah dimengerti. Yakni suatu konsep (ungkapan tertulis, red) yang mengisyaratkan “Rasa Cinta” terhadap Siak.

"Meskipun ada yang memaknai bahwa tulisan “Gembok Cinta Siak” itu dapat menyebabkan orang yang membacanya menjadi salah pengertian alias Lebay, sehingga menganggap kalimat “Cinta” yang tercantum di situ adalah bentuk dari imbauan cinta-cintaan seperti yang sering ditulis oleh para muda-mudi yang sedang jatuh cinta," jelasnya, dilansir dari infosiakcom, kemarin.

Diakatakan, “Gembok Cinta Siak” merupakan program Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Siak melalui Dinas Pariwisata. Yang tujuannya adalah untuk memberikan rona/nuansa baru pada sejumlah tempat obyek wisata yang ada di Siak.

"Dengan demikian para pengunjung bisa menyematkan/mengabadikan rasa “Cintanya terhadap Siak” pada Gembok-gembok yang telah disediakan tersebut," tukasnya.

fauzi juga mengatakan, bahwasanya program Gembok Cinta Siak itu dibuat/digagas dengan tujuan dan niat yang baik. Meskipun ada sebagian orang yang beranggapan bahwa hal tersebut dinilai kurang sesuai dan lain sebagainya.

“Gembok Cinta Siak itu tujuannya adalah bagi orang-orang yang cinta dan sayang terhadap Siak. Kalaupun ada beberapa pihak yang tidak sependapat, dan itu lumrah-lumrah saja, dan kita juga tidak bisa memaksakan pemahaman orang yang tidak sependapat dengan kita," tegas Fauzi.

Pun begitu, Fauzi berjanji, jika “Gembok Cinta Siak” itu menimbulkan kontroversi di tengah masyarakat, maka pihaknya akan melakukan evaluasi.

"Memang tidak semua yang kita anggap baik, dianggap baik pula oleh orang lain. Namun harus tetap dipahami bahwasanya segala sesuatu yang dibuat oleh Dispar Siak tujuannya adalah untuk kebaikan Negeri Melayu Siak Sri Indrapura. Termasuk soal dibuatnya program “Gembok Cinta Siak” tersebut," pungkasnya.

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index