Puluhan Ton CPO PT Nagamas Tumpah Cemari Laut Dumai

Puluhan Ton CPO PT Nagamas Tumpah Cemari Laut Dumai

Riauaktual.com - Minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) milik PT Naga Mas yang beroperasi di dermaga B Pelabuhan Pelindo I Cabang Dumai kembali tumpah dan diduga mencemari laut Dumai pada Jumat (28/7/2017).

Informasi yang berhasil dirangkum di lapangan, CPO tumpah ke laut saat loading. Akibatnya, puluhan ton CPO berserakan di permukaan laut dermaga B Pelindo I Cabang Dumai.

Di lapangkan tidak terlihat petugas khusus yang menangani kasus ini. Hanya beberapa orang saja membawa ember mengambil tumpahan CPO menggunakan timba.

Di lokasi kejadian juga tidak terlihat oil boom yang biasanya digunakan untuk melokalisir atau mengurung tumpahan minyak di air. Seharusnya perusahaan PT Naga Mas memasang oil boom sebagai tindakan pertama guna mencegah melebarnya tumpahan minyak sesuai SOP.

Humas PT Naga Mas Kota Dumai, Ardi saat dikonfirmasi mengatakan yang tumpah bukan CPO tetapi minyak Stearin.

"Yang tumpah bukan CPO tapi minyak Stearin," katanya sebagaimana dikutip dari Halloriau.com.

Terkait jumlah dan penyebab tumpahnya minyak Stearin Ardi belum dapat menjelaskannya.

"Nanti saya hubungi lagi untuk kronologisnya," pungkasnya.

Insiden tumpahnya minyak milik PT Naga Mas sudah sering terjadi. Belum lama ini ratusan kilo CPO milik PT Naga Mas juga tumpah ke laut, jika ini terus di biarkan maka laut Dumai akan tercemar.

Kepala Kantor Lingkungan Hidup Kota Dumai dan pihak PT Pelindo I Cabang Dumai belum dapat dikonfirmasi terkait insiden tersebut.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index