Awas ! Bakteri Nyaman Berada di dalam Sepatu

Awas ! Bakteri Nyaman Berada di dalam Sepatu
illustrasi (int)

JAKARTA (RA) - Bakteri memang selalu ada, terlebih pada tempat yang lembab dan amat kotor. Sebuah studi mengungkapkan bahwa sepatu menjadi tempat paling 'nyaman' untuk tumbuh dan berkembangnya bakteri. Benarkah ?

Dilansir Dailymail, sebuah studi yang dilakukan oleh University of Arizona menyebutkan bahwa 420.000 unit bakteri yang ditemukan pada bagian luar sepatu. Dari bakteri, 27% adalah virus E Coli yang mematikan, dan 96% menunjukkan kontak dengan bahan tinja (baik manusia dan hewan).

Bakteri-bakteri yang ada di sepatu sangat rentan sebesar 99% dapat ditularkan melalui karpet dan ubin pada rumah. Sebagai bentuk pencegahannya ada baiknya sepatu tidak masuk ke dalam rumah karena untuk menghindari bahaya bakteri yang menempel pada sepatu akan menular dalam rumah.

Biasanya orang khususnya wanita pada musim hujan seperti ini memilih sepatu berbahan karet. Sepatu berbahan karet tahan air, namun siapa yang mengira sepatu bahan karet pun juga berisiko menularnya bakteri akibat percikan air yang menempel pada air yang menggenang.

Jadi saat musim hujan tiba, perhatikan segala bentuk hal yang dianggap kecil tetapi bisa membahayakan kesehatan. Musim hujan sangat mudah sekali rentan tersersng berbagai penyakit.

Berita Lainnya

View All