Heboh Warga Cina Berseragam Brimob, Ini Penjelasan Polisi

Heboh Warga Cina Berseragam Brimob, Ini Penjelasan Polisi
warga Cina berseragam Brimob. Foto: Berita Center

NASIONAL (RA) -  Foto warga negara Cina berseragam polisi Brimob beredar di dunia maya dan ramai diperbincangkan di media sosial. Namun, Kasat Brimob Polda Sumatera Utara Kombes Zulfikar memastikan bahwa mereka adalah warga sipil anggota Korps Musik (Korsik) Satbrimob Polda Sumut yang selalu tampil pada acara-acara Polri.

"Mereka pemain musik yang sudah menjadi mitra Polri untuk Korsik dan ditampilkan saat upacara dengan menggunakan baju polisi sejak tahun 80-an," kata Zulfikar seperti dilansir laman Berita Center, hari ini.

Sebelumnya, ramai beredar di medsos tentang adanya warga Cina yang berpose dengan seragam Brimob dalam sebuah acara di Medan, Sumatera Utara. Foto tersebut menuai berbagai komentar miring sejak seminggu terakhir.

Zulfikar menjelaskan, pemain musik dari warga-warga keturunan Cina itu juga kerap tampil pada acara serah terima jabatan di wilayah hukum Polda Sumatera Utara.  

"Mereka yang jadi korsp musiknya hanya pakai seragam pada saat itu saja," ujarnya.

Zulfikar mengibaratkan komedian Tukul Arwana yang mengenakan pakai seragam TNI saat ulang tahun Kopassus atau pelawak Tessy yang memakai baju tentara saat manggung pada acara TNI.

"Mereka hanya pakai pakaian dinas kalau ada giat di Brimob dan kalau tidak mereka tidak berani memakai, mereka ada yang dulu ikut korsik Resimen V, sekarang ada anaknya dan cucunya yang ikut di Korsik Sumut semata mata hanya rasa bangga ikut berpartisipasi untuk Korsik Brimob Sumut saat itu," beber Zulfikar.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index