2.100 Ekor Hewan Penyebar Rabies di Pekanbaru Divaksinasi

2.100 Ekor Hewan Penyebar Rabies di Pekanbaru Divaksinasi
illustrasi (int)

PEKANBARU (RA) - Kepala Dinas Pertanian dan Perternakan (Distan) Kota Pekanbaru, Sentot D Prayitno mengatakan, saat ini pihaknya terus berupaya melakukan vaksinasi rabies massal terhadap hewan penyebar rabies. Terbukti, hingga saat ini telah terdata 2.100 ekor hewan penyebar rabies yang berada di Kecamatan Rumbai dan Rumbai Pesisir yang siap untuk divaksin.

"Dari dua kecamatan yang kita fokuskan untuk program vaksinasi massal tersebut ada empat kelurahan yang belum dilakukan vaksinasi, yakni Kelurahan Muara Fajar, Limbungan dan Lembah Damai, dan Lembah Sari, sedangkan kelurahan yang lainnya sudah dilaksanakan vaksinasi," ungkap Sentot ketika ditemui Jumat (8/6).

Dikatakan Sentot, untuk melakukan vaksinasi rabies massal tersebut, pihaknya sudah menyediakan sekitar 60 pos yang akan digunakan untuk memvaksinasi 2.100 ekor hewan penyebar rabies, seperti anjing, kucing, dan kera. Dari 2.100 ekor hewan yang divaksinasi tersebut, didominasi oleh anjing.

"Ada 60 pos yang sudah disediakan untuk vaksinasi hewan rabies, sedangkan jumlah petugas vaksinator kita yang nantinya melakukan vaksinasi yan ada sekitar 20 orang," katanya.

Ditambahkan Sentot, setiap hari, dengan jumlah tenaga 20 orang dalam satu pos, dapat melakukan vaksinasi 40 ekor hingga 55 ekor hewan penyebar rabies.

"Sedangkan untuk eleminasi belum bisa lakukan, karena kita menunggu hasil vaksinasi ini mencapai 11 ribu ekor. Kalau jumlahnya sudah segitu, baru mulai kita eliminasi hewan tersebut satu per satu," pungkasnya. (RA1)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index