Ikan, Potensi Bahari dan SDA Rohil Menjanjikan

Ikan, Potensi Bahari dan SDA Rohil Menjanjikan
ikan

BAGANSIAPIAPI (RA) - Kota Bagansiapiapi sudah dikenal diseluruh penjuru dunia akan kekayaan potensi bahari dan sumber daya alam seperti perikanan. Oleh karena itu, untuk mengangkat ini kembali harus diambil langkah dan kebijakan dalam mengali potensi bahari yang dinilai cukup besar itu.
 
"Untuk mengangkat potensi bahari dan sumber daya alam itu perlu langkah dan kebijakan yang tepat. Untuk itu, sebaiknya dibuat strategi khusus. Strategi khusus itu, bagaimana dapat meningkatkan potensi bahari secara perlahan-lahan tapi pasti," kata Plt Sekda H Surya Arfan di Bagansiapiapi, Kamis.

Menurutnya, kalau tidak salah potensi bahari akan penghasil ikan cukup besar diperkirakan mencapai 300 ribu ton tahun 1930. Jadi, Setelah melihat secara langsung hasil survei tersebut, optimis mengembalikan kejayaan bahari. Semua itu dilatar belakangi besar potensi bahari setakat ini minimun 150 ton.
 
Untuk mengembalikan kejayaan diera tahun 1930-an,masyrakat Rohil berhara kepada pusat untuk memprogramkan pembangunan Mina Politan di Bagansiapi-api. Dengan adanya bangun Mina Politan ini, diharapkan dapat pula meningkatkan potensi perikanan di Rohil. Sebelum dibangun Mina politan di Bagansiapi-api,kiranya perlu juga dilakukan studi kalayakan dengan melihat kondisi riil potensi bahari.
 
Tentunya Pemerinta agar sekuat tenaga mencarikan jalan keluar agar potensi bahari terangkat kembali. Salah satu berusaha melakukan lobi-lobi dalam mendatangkan investor. Sebelum mina Politan dibangun, lakukanlah suatu survei sehingga semua tepat kepada sasaran,"tambah salah seorang masyarakat Rohil berharap. (Zai)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index