Kembangkan KIT Pemko Pekanbaru Bangun Jalan Lingkar Luar

Kembangkan KIT Pemko Pekanbaru Bangun Jalan Lingkar Luar
Walikota Pekanbaru Firdaus MT

PEKANBARU (RA)-  Pemerintah kota Pekanbaru sudah memiliki rencana pengembangan ekonomi kota ke arah Selatan termasuk di lahan Kawasan Industri Tenayan (KIT). Untuk itu perlu ada infrastruktur pendukung yang memudahkan arus transfortasi ke sentra-sentra ekonomi tersebut.

Walikota Pekanbaru Firdaus MT, sudah memasukkan planing pembangunan jalur lingkar atau Interland Kota Pekanbaru ke RPJMD Pekanbaru .

Kata Firdaus Total panjang jalan Interland yang mengelilingi Kota Pekanbaru ini mencapai 52 kilometer. Hal ini sudah dibahas wali kota bersama dengan anggota DPRD Pekanbaru dan program jangka panjang.

"Nyawa perekonomian masyarakat itu adalah infrastruktur jalan. Makanya kita berupaya untuk terus menuntaskan hubungkan satu jalur dengan jalur lainnya. Seperti pembangunan jalan lingkar luar kota Pekanbaru yang panjangnya sekitar 52 kilometer lebih. Ini dibahas bersama karena memang memerlukan anggaran yang cukup besar," terang Firdaus kepada RiauAktual.com, Rabu (31/10).

Dijelaskan Walikota Pekanbaru, untuk akses jalur tersebut direncanakan beberapa rute. Di antaranya adalah jalan lintas timur Tenayan Raya masuk melalui Jalan Badak.

Setelah itu jalur tersebut tembus kilometer 17 lintas timur dan masuk ke Pasir Putih melalui Kubang Raya menembus ke Jalan Garuda Sakti.

Dari sana jalan masih dibangun menuju ke Jalan Riau dan melewati jembatan Siak II langsung menuju jalan TOL Pekanbaru-Dumai.

Tidak hanya itu, untuk memperlancar akses lalu-lintas, Pemko juga berencana membangun jembatan Siak IV yang berada disamping jembatan Siak II saat ini.

"Terkait dengan anggaran pembangunan ini, Wako menyatakan tidak mungkin bisa ditampung seluruh APBD Pekanbaru. Lagi pula untuk jalur ini melewati beberapa jalur jalan nasional dan Provinsi sehingga butuh sharing anggaran antara Pemerintah pusat, Provinsi dan kota Pekanbaru," imbuhnya.(RA5)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index