Kemenag Pekanbaru Tetapkan 251 Lokasi Shalat Id

Kemenag Pekanbaru Tetapkan 251 Lokasi Shalat Id
(ils)

PEKANBARU (RA) - Hari raya Idul Adha akan berlangsung esok hari, Jum'at (25/10/2012). Kementrian Agama Kota Pekanbaru telah menetapkan 251 titik pelaksanaan Shalat Idul Adha 1433 H. Tempat ini tersebar di seluruh kecamatan. Mayoritas lokasi pelaksanaan ditempatkan di lapangan terbuka dengan menggunakan tenda.

Meski tidak tertutup kemungkinan pelaksanaan juga dilakukan di dalam gedung mesjid, mengingat kondisi cuaca saat ini yang tiba-tiba turun hujan. ''Dari pendataan yang kita lakukan, terdapat 251 lokasi shalat di seluruh Pekanbaru. Untuk pelaksanaan shalat dilaksanakan pada tanggal 26 Oktober pagi hari. Tapi mengingat cuaca saat ini kita juga menghimbau pantia menyiapkan masjid terdekat agar masyarakat tidak terganggu ibadahnya bila hujan turun,'' terang Kabag TU Kemenang Kota Pekanbaru, Dahlan Jamin MA ketika dikonfirmasi RiauAktual.com, Kamis (25/10/2012).

Lokasi yang disiapkan tersebut terdapat di Kantor Gubernur, Kecamatan Pekanbaru Kota 1 Lokasi, Kecamatan Lima Puluh 14 lokasi, Kecamatan Sail 3 Lokasi, Kecamatan Senapelan 8 lokasi, kecamatan Sukajadi 10 lokasi dan  kecamatan Rumbai Pesisir 17 lokasi. Untuk Kecamatan Rumbai terdapat 18 lokasi, kecamatan Payung Sekaki 16 Lokasi, kecamatan Tampan 23 lokasi, kecamatan Bukit Raya 36 Lokasi, kecamatan Marpoyan Damai 42 Lokasi dan Kecamatan Tenayan Raya 62 Lokasi.

Untuk khatib shalat Idul Adha, tergantung permintaan panitia yang akan disampaikan ke lembaga dakwah Pekanbaru. Untuk pelaksanaan kurban karena Idul Adha jatuh pada hari Jumat, kemenag menyatakan masih afdhal dan bisa dilaksanakan setelah pelaksanaan Shalat Idul Adha, baik 11-13 Djulhijah atau mulai 26 Oktober sampai 29 Oktober yang merupakan hari tasrik.

''Hari jumat itu kan pendek waktunya, tapi tidak masalah jika masih bisa dilaksanakan usai shalat. Tapi tidak perlu tergesah-gesah, karena masih ada waktu tasrik hingga 29 oktober nanti,'' terangnya. (RA5)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index