8 Jenis Rempah Kaya Manfaat Sehat

8 Jenis Rempah Kaya Manfaat Sehat
ilustrasi
RAGAM (RA) - Makanan Nusantara kaya akan rempah-rempah. Bersyukurlah untuk itu. Bukan hanya karena rempah-rempah dapat meningkatkan rasa makanan, tapi juga sarat manfaat kesehatan seperti dijelaskan di bawah ini.
 
Bubuk kari
Bahan utama bubuk kari adalah kunyit yang berisi kurkumin yang bersifat anti-inflamasi 50 kali lebih kuat dari vitamin C atau E," kata Bharat Aggarwal, MDPhD, seorang profesor di University of Texas MD Anderson Cancer Center dan penulis buku Healing Spices.
 
Ada satu studi yang menunjukkan, bahwa kurkumin dapat menghambat pertumbuhan tertentu sel kanker payudara. Ada juga penelitian lain yang menyebutkan kukurmin mampu melindungi kita dari kanker usus besar.
 
Rosemary
Memasak dengan temperatur tinggi akan menghasilkan senyawa yang disebut heterosiklik amina, yang merupakan radikal bebas penyebab kanker, jelas Hannah El-Amin, RD seorang ahli diet di Northwestern Memorial Hospital di Chicago.
 
Tapi jika Anda membubui bahan makanan dengan Rosemary sebelum memasaknya, pembentukan heterosiklik amina akan berkurang sebanyak 84 persen, demikian menurut studi di Kansas State University.
 
Oregano
Satu sendok teh oregano tidak hanya berisi enam mikrogram vitamin K, tetapi juga mengandung antioksidan dalam jumlah yang sama. Penelitian menunjukkan, bahwa oregano dapat membantu menangkis flu perut.
 
"Bakteri sering mencari tumpangan pada makanan yang kita makan, dan oregano dapat menjaga mereka agar tidak bertambah banyak dan membuat kita sakit," kata Bazilian.
 
Kayu manis
Tingkat gula darah yang turun naik dengan cepat dapat mendorong rasa lapar. Senyawa antioksidan dalam kayu manis dapat membantu mencegah hal itu dengan meningkatkan cara sel-sel Anda memetabolisme glukosa, jelas El-Amin .
 
Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi setengah sendok teh kayu manis setiap hari mampu mengurangi faktor risiko diabetes dan penyakit jantung dalam waktu enam minggu.
 
Jahe
Selain membantu meredakan sakit perut, rempah yang satu ini juga mampu mengurangi risiko sakit setelah berolahraga.
 
Orang yang mengonsumsi satu sendok teh bubuk jahe setiap hari selama 11 hari mengalami penurunan nyeri otot yang berhubungan dengan olahraga, sebesar 25 persen, dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi plasebo, demikian menurut satu studi ilmiah.
 
Pala
Pala dapat membantu mencegah gigi berlubang. "Mulut adalah sarang bakteri, dan pala dapat melawan kuman-kuman itu karena mengandung senyawa antibakteri," kata Bazilian.
 
Pala mengandung macelignan, yang dapat mengurangi pembentukan plak sebesar 50 persen menurut para peneliti di Italia.
 
Cabai
Senyawa capsaicin dalam cabai mampu meningkatkan termostat tubuh Anda, memercepat metabolisme dan membantu Anda membakar kalori dan lemak.
 
Jinten
Satu sendok makan biji jinten memenuhi 22 persen kebutuhan harian zat besi Anda. Mineral ini berguna untuk membantu menjaga level energi Anda, agar tetap tinggi dan menjaga sistem kekebalan tubuh Anda tetap prima. (kompas.com)
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index