Listrik di Pekanbaru Sering Padam, PLN Sebut Karena Faktor Alam

Listrik di Pekanbaru Sering Padam, PLN Sebut Karena Faktor Alam
(Ilustrasi int)

PEKANBARU (RA)- Beberapa waktu belakangan ini listrik di wilayah Kota Pekanbaru lagi-lagi sering padam. Pemadaman itu berlangsung cukup lama dan sangat menghambat aktivitas warga. Praktis, warga sangat mengeluhkan pemadaman listrik ini.

Ketika dikonfirmasi soal fenomena pemadaman listrik ini, Humas PLN Pekanbaru Darmawi mengaku padamnya listrik perusahaan plat merah ini dikarenakan hujan deras beserta angin kencang,

"Sehingga ada beberapa ranting pohon yang mengenai kabel PLN, akhirnya menyebabkan listrik padam," katanya kepada Wartawan, Kamis (18/10) dikantornya.

Menurutnya, walapun terjadi pemadaman, pihaknya telah mempersiapkan petugas PLN untuk melakukan pebaikan listrik bila terjadi listrik padam akibat hujan deras.

"Kita akan pantau dimana asal padamnya listrik. Kalau hujan kan biasanya ada ranting pohon dan petir yang mengenai kabel jalur litrik kita," cetusnya.

Darmawi menjelaskan, banyaknya pohon yang mengganggu kabel listrik di Pekanbaru dan hujan deras menimbulkan petir yang menjadi penyebab utama padamnya aliran litrik.

"Faktor cuaca seperti angin kencang juga menjadi permasalahan padamnya listrik," katanya lagi.

Selain faktor alam, kata dia ada juga listrik padam yang disebabakan oleh perbaikan instalasi listrik. Ia mencontohkan, seperti adanya rusak tiang listrik atau ada penambahan saluran baru yang tengah di pasang, sehingga memang perlu dilakukan pemadaman listrik.

"Namun beberapa waktu ini memang kita melakukan pemadaman listrik, tapi lebih di faktorkan gangguan alam  karena itu kita terpaksa melakukan pemadaman listrik lebih dari 3 jam," sebutnya.

Memang dalam melakukan pemadaan listrik kemarin, lanjut Darmawi, pihaknya tidak bisa memberi tahu kepada masyarakat.

Dia berharap, agar masyarakat Pekanbaru mengetahui permasalahan yang dihadapi PLN Pekanbaru terkait padamnya listrik. Kedepan pihak PLN akan berusaha untuk melayani masyarakat dengan semaksimal mungkin, sehingga tidak ada lagi pelanggan PLN yang merasakan dirugikan haknya sebagai konsumen.

"Kedepan kita akan mencoba dan segera berusaha melayani kepuasan masyarakat Pekanbaru ini. Dan kedepan kami coba bagaimana konsumen kita tidak merasa dirugikan," tandasnya.

Sebagaimana diketahui Belakangan ini di Pekanbaru pemadaman listrik secara tiba-tiba sering terjadi, sehingga masyarakat yang memiliki alat-alat elektronik harus menerima resiko dengan rusaknya barang-barang milik mereka.

Masyarakat menuding pihak PT PLN Persero Cabang Pekanbaru dengan sengaja untuk melakukan pemadaman tersebut.

Salah satu warga yang berada di Tenayan Raya, Zulfikri kepada RiauAKtual mengeluhkan kondisi pemadaman tersebut.

Zul mengakui belakangan ini akibat karena pemadaman listrik secara tiba-tiba sehingga barang elektronik berupa kulkas,TV dan barang lainnya yang menggunakan strom rusak, sehingga dirinya berharap kepada PLN agar bisa memperhatikan keluhan tersebut.(RA)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index