Tidak Ada Penumpang Masuk Riau yang Terinfeksi Zika

Tidak Ada Penumpang Masuk Riau yang Terinfeksi Zika
virus zika

RIAU (RA) - Sejak awal September kemarin, Bandara maupun pelabuhan sebagai pintu masuk penumpang luar negeri sempat dihebohkan dengan penularan virus Zika yang datang dari Singapura.

Namun hingga kini hal itu tidak sampai ke Pekanbaru, dan kondisi ini dipastikan langsung oleh Kepala KKP Pekanbaru Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II, dr M Budi Hidayat.

"Sampai saat ini, dari hasil pemeriksaan penumpang yang datang dari Singapura itu dinyatakan aman, tidak ada yang sakit atau terindikasi terjangkit virus Zika," ungkap Budi kepada wartawan, Selasa (27/9).

Ditegaskan Budi juga, meski belum ada ditemukan penumpang yang terinfeksi, namun pengawasan terhadap penumpang-penumpang yang turun dari penerbangan luar negeri khususnya Singapura tetap diberlakukan.

"Informasinya juga, perkembangan di Singapura soal virus Zika ini sudah menurun. Oleh karena itu, untuk Pekanbaru saat ini kita nyatakan aman dari penyebaran virus tersebut," ujar Budi.

Menurut kabar lagi, disampaikan Budi, mengapa bisa dikatakan aman untuk penyebarannya ke Pekanbaru, karena setiap orang yang terinfeksi virus Zika di Singapura langsung di isolasi.

"Jadi untuk kontak dengan warga kita menjadi kecil kemungkinannya, bahkan tidak ada," tuturnya.

Di Bandara, kata Budi lagi, tetap melakukan pengawasan sesuai SOP yang sudah ditetapkan dalam upaya pencegahannya.

"Dibandara juga kita melakukan antisipasi dan juga pencegahan 3M plus, dan juga pemasangan perangkap nyamuk di lingkungan Bandara," pungkasnya. (Dwi)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index